UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK BIJI KOPI ROBUSTA (Cofeea canephora) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus

Rochman, Achmad Minan Nur (2023) UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK BIJI KOPI ROBUSTA (Cofeea canephora) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK (2).pdf

Download (908kB)
[img] Text
Plagiasi Achmad Minan Nur Rohman.pdf

Download (280kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian ekstrak biji Kopi Robusta (Cofeea canephora) terhadap kebengkakan pada luka (edema), cairan pada luka, dan warna kemerahan (eritema) sebagai indikator penyembuhan luka bakar pada tikus putih (Rattus norvegicus). Hewan coba 24 ekor tikus jantan yang berumur 2-3 bulan dengan berat badan 150-200 gram dilakukan pembuatan luka bakar pada kulit punggung dan dibagi menjadi 4 kelompok: kelompok I pemberian kontrol, kelompok II pemberian ekstrak biji kopi robusta (Coffea canephora) dengan konsentrasi 50%, kelompok III pemberian ekstrak biji kopi robusta (Coffea canephora) dengan konsentrasi 75%, dan kelompok IV pemberian ekstrak biji kopi robusta (Coffea canephora) dengan konsentrasi 100%. Tikus yang telah mengalami luka bakar masing-masing diberi perawatan berdasarkan kelompoknya. Pengamatan dilakukan mulai hari ke-1 sampai hari ke-16 sebanyak 1 kali sehari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji kopi robusta (Cofeea canephora) efektif terhadap penyembuhan luka bakar pada tikus (Rattus norvegicus) dengan indikator kebengkakan pada luka (edema), cairan pada luka dan warna kemerahan (eritema). Berdasarkan hasil penelitian mengenai uji efektivitas ekstrak biji kopi robusta (Cofeea canephora) terhadap penyembuhan luka bakar pada tikus (Rattus norvegicus) dengan indikator kebengkakan pada luka (edema), cairan pada luka dan warna kemerahan (eritema) dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak biji kopi robusta (Cofeea canephora) konsentrasi 50%, 75%, dan 100% memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelompok kontrol yang diberikan vaseline album. Kata kunci: ekstrak biji kopi robusta (Coffea canephora), luka bakar, edema, cairan pada luka, eritema.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: ekstrak biji kopi robusta (Coffea canephora), luka bakar, edema, cairan pada luka, eritema.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: Minan Rohman Rohman
Date Deposited: 05 Oct 2023 10:44
Last Modified: 05 Oct 2023 10:44
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15863

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year