TOKSISITAS EKSTRAK DAUN MINT (Mentha arvensis L.) TERHADAP HISTOPATOLOGI JANTUNG PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) GALUR Sprague-dawley

Marwansyah, Irwan (2023) TOKSISITAS EKSTRAK DAUN MINT (Mentha arvensis L.) TERHADAP HISTOPATOLOGI JANTUNG PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) GALUR Sprague-dawley. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
PLAGIASI..pdf

Download (235kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek toksisitas ekstrak daun mint (Mentha arvensis L). Uji toksisitas dilakukan untuk mengetahui dan menentukan tingkat kerusakan senyawa atau zat yang terkandung dalam daun mint. Penelitian ini menggunakan 24 ekortikus putih jantan (Rattus norvegicus) galur Sprague Dawley yang dibagi menjadi 4 perlakuan dengan 6 kali ulangan. Dosis ekstrak daun mint (Mentha arvensis L) yang digunakan adalah 1250 mg/ kg BB, 2500mg/ kg BB dan 5000mg/ kg dengan 1 kelompok kontrol. Tikus perlakuan kemudian di euthanasi dan diambil jantungnya untuk dibuat preparat histopatologi. Hasil penelitian pemberian ekstrak daun mint (Mentha arvensis L) terhadap jantung tikus putih (Rattus norvegicus) yang dilihat dari parameter nekrosis, hemoragi, dan degenerasi tidak terdapat perubahan pada histopatologi jantung tikus putih. Kesimpulan yaitu tidak ada pengaruh toksik pada jantung yang diberi ekstrak daun mint (Mentha arvensis L) .

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Daun Mint (Mentha arvensis L), Toksisitas,Tikus Putih (Rattus orvegicus), Histopatologi jantung.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Irwan Marwansyah
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:18
Last Modified: 11 Oct 2023 03:18
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year