Analisis kualitas daging sapi segar dengan menggunakan uji organoleptik dan total plate count (tpc) di Pasar Tradisional Kecamatan Tanjung Bumi, Kecamatan Klampis, Kecamatan Sepuluh, Kabupaten Bangkalan

Najib, Ainun (2023) Analisis kualitas daging sapi segar dengan menggunakan uji organoleptik dan total plate count (tpc) di Pasar Tradisional Kecamatan Tanjung Bumi, Kecamatan Klampis, Kecamatan Sepuluh, Kabupaten Bangkalan. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
plagiasi..pdf

Download (689kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

AINUN NAJIB ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas daging sapi segar dengan melakukan pengujian uji total plate count (TPC) dan uji organoleptik di tiga pasar tradisional Kabupaten Bangkalan yaitu pasar Tanjung Bumi, pasar Klampis, pasar Asem Jajar. Sampel daging sapi yang digunakan sebanyak 15 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan experimental. Hasil penelitian untuk pengujian total plate count (TPC) dengan metode Analysis of Varian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>0.05) sedangkan pada pengujian organoleptik warna menggunakan metode Kruskal Wallis menunjukkan terdapat perbedaan yang nyata (p<0,05) untuk pengujian organoleptik aroma dan tekstur menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daging sapi segar yang berada di pasar tradisional Kabupaten Bangkalan masih dalam batas aman dan layak untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Daging sapi, Total Plate Count (TPC), Organoleptik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Ainun Najib
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:45
Last Modified: 12 Oct 2023 02:45
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year