Pengaruh Intensitas Modal, Risiko Litigasi, Kepemilikan Manajerial terhadap KonservatismeAkuntansi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimiayang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

JAYANTI, ADELIA (2023) Pengaruh Intensitas Modal, Risiko Litigasi, Kepemilikan Manajerial terhadap KonservatismeAkuntansi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimiayang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Laporan Cek Plagiasi 2.pdf

Download (117kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian tertulis tujuannya yakni mengetahui pengaruh intensitas modal, risiko tuntutan hukum, dan kepemilikan manajemen terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan manufaktur kimia dan dasar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019–2021. Sampel penelitian tertulis terdiri dari 96 laporan tahunan dan didasarkan pada data kuantitatif dengan kriteria pengambilan sampel menggunakan pendekatan penelitian yang melibatkan 32 perusahaan manufaktur dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019–2021. Penelitian tertulis mencakup usaha manufaktur industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 hingga 2021. Analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikorelasi, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji F, analisis koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis (t) yakni teknik analisis dalam penelitian tertulis. Teknik-teknik ini digunakan bersama dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistics Version 21. Konservatisme dalam akuntansi yakni pendekatan preventif terhadap pelaporan keuangan perusahaan di masa depan. Dibutuhkan banyak aset tetap bagi sebuah bisnis untuk menghasilkan penjualan, dan hal itu memerlukan modal. Ketidakakuratan pelaporan keuangan yang merugikan kreditor dan investor dianggap sebagai sumber risiko tuntutan hukum. Jumlah saham tersebut dimiliki manajer mewakili kepemilikan manajerial. Oleh sebab itu, hasil mengenai intensitas modal, risiko tuntutan hukum, dan kepemilikan manajerial terhadap konservatisme akuntansi adanya pengaruh yang kecil. Kata kunci: Intensitas modal, Risiko Litigasi, Kepemilikan Manajerial, Konservatisme Akuntansi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas modal, Risiko Litigasi, Kepemilikan Manajerial, Konservatisme Akuntansi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Adelia Mega Jayanti
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:20
Last Modified: 04 Oct 2023 06:20
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year