Penerapan Metode Full Costing Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual (Studi Kasus Umkm Susu Sapi Abah Taslim Buduran)

Kasyfi, Achmad Faza syahrial (2023) Penerapan Metode Full Costing Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual (Studi Kasus Umkm Susu Sapi Abah Taslim Buduran). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PRESENTASE.pdf

Download (34kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

UMKM Susu Sapi Abah Taslim ialah sebuah unit usaha mikro yang berfokus pada pembuatan produk minuman yakni minuman susu sapi. Sayangnya saat ini dalam menentukan perhitungan harga pokok produksinya, UMKM Susu Sapi Abah Taslim masih belum menggunakan standar akuntansi yang berlaku dan belum mencatat dan memperhitungkan seluruh biaya yang masuk ataupun keluar dalam memproduksi barang. Pada penelitian tertulis berfokus dalam penerapan metode full costing . Penelitian tertulis ini tujuannya untuk mengetahui selisih harga pokok produksi yang ditentukan oleh UMKM Susu Sapi Abah Taslim dengan yang ditentukan dengan metode full costing, serta harga jual yang ditentukan oleh UMKM Susu Sapi Abah Taslim dengan yang ditentukan dengan metode cost plus pricing. Metode kualitatif diterapkan pada penelitian tertulis. mengumpulkan informasi untuk penelitian tertulis melalui metode seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan kajian tertulis tersebut memperlihatkan UMKM tetap menghitung biaya produksi dengan metode lugas yang menghasilkan Rp 5.357 per botol. Harga per botol ialah Rp 7.163 dalam perhitungan yang dilaksanakan dengan penggunaan teknik full costing, Dengan penggunaan pendekatan cost plus pricing untuk mendapatkan harga jual, hasil per botol ialah Rp 8.500. UMKM masih belum memperkirakan keuntungan yang diinginkan saat menentukan harga jual produknya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Full Costing, Harga Jual, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Achmad Faza Syahrial kasyfi
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:50
Last Modified: 04 Oct 2023 06:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year