Perencanaan struktur beton bertulang gedung perkantoran dira 10 lantai dengan metode sistem rangka pemikul momen khusus di Kabupaten Ende

Irawan, Dimas (2023) Perencanaan struktur beton bertulang gedung perkantoran dira 10 lantai dengan metode sistem rangka pemikul momen khusus di Kabupaten Ende. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI 1.pdf

Download (76kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur termasuk daerah yang memiliki resiko gempa tinggi. Oleh karena itu, digunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) untuk merencanakan struktur tahan gempa pada daerah tersebut, karena pada sistem ini memiliki tingkat daktilitas penuh. SRPMK direncanakan mengacu pada konsep Strong Column Weak Beam, dimana kapasitas desain kolom lebih besar 1,2 kali kapasitas desain balok sesuai dengan SNI 2847-2019. Metode perhitungan pembebanan gempa adalah analisa respon spektrum dan pembebanan gravitasi yang dikombinasikan, peraturan gempa yang digunakan adalah SNI 1726-2019. Sedangkan, untuk perhitungan beban mati dan beban hidup sesuai dengan PPPURG 1987. Analisa struktur menggunakan program bantu untuk mendapatkan gaya dalam, reaksi perletakan serta simpangan antar lantai. Dari hasil pendetailan diperoleh bahwa, Hubungan Balok Kolom (HBK) pada struktur tersebut baik terkekang 4 balok maupun terkekang 3 atau 2 balok telah memenuhi persyaratan, dan struktur ini juga telah memenuhi persyaratan Strong Column Weak Beam.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Beton Bertulang, SRPMK, Strong Column Weak Beam, Struktur Gedung, Tahan Gempa.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: 11 Dimas Irawan UWKS
Date Deposited: 02 Oct 2023 05:42
Last Modified: 02 Oct 2023 05:42
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year