Penerapan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa pada materi rantai makanan kelas V SDN MADE I Surabaya

Rosadi, Wida Amalia (2018) Penerapan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa pada materi rantai makanan kelas V SDN MADE I Surabaya. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Wida Amalia Rosadi. 2018. Penggaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Materi Rantai Makanan Kelas V SDN Made I Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Ir. Sukian Wilujeng, M.M dan (II) Jarmani, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : media audio visual, eksperimen, kelas eksperimen, kelas kontrol Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya pemanfaatan media audio visual dalam proses pembelajaran, dimana sekolah sudah memfasilitasi dengan baik untuk menunjang mutu pendidikan akan tetapi kurangnya kebijaksanaan guru dalam memanfaatkannya untuk memberikan memotivasi kepada siswa, dimana materi rantai makanan sangat mambutuhkan kejelasan objek sehingga tidak terjadi kesalahpahaman penerimaan materi yang diajarkan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Made I Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen dengan model true eksperimental desain, dalam penelitian ini terdapat 2 kelompok sampel yang dipilih secara random yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelompok sampel tersebut diambil dari kelas V A dan V B dengan jumlah siswa masing-masing 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Lingkert. Analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa penerapan media audio visual dapat memotivasi belajar siswa lebih baik pada materi rantai makanan kelas V SDN Made I Surabaya, hal ini dibuktikan dari hasil uji t dimana nilai sig. (2 Tailed) menunjukkan sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang memiliki tingkat kesalahan 1% dan tingkat kebenaran 99% . UNSPECIFIED Wida Amalia Rosadi. 2018. Penggaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Materi Rantai Makanan Kelas V SDN Made I Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Ir. Sukian Wilujeng, M.M dan (II) Jarmani, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : media audio visual, eksperimen, kelas eksperimen, kelas kontrol Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya pemanfaatan media audio visual dalam proses pembelajaran, dimana sekolah sudah memfasilitasi dengan baik untuk menunjang mutu pendidikan akan tetapi kurangnya kebijaksanaan guru dalam memanfaatkannya untuk memberikan memotivasi kepada siswa, dimana materi rantai makanan sangat mambutuhkan kejelasan objek sehingga tidak terjadi kesalahpahaman penerimaan materi yang diajarkan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Made I Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen dengan model true eksperimental desain, dalam penelitian ini terdapat 2 kelompok sampel yang dipilih secara random yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelompok sampel tersebut diambil dari kelas V A dan V B dengan jumlah siswa masing-masing 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Lingkert. Analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa penerapan media audio visual dapat memotivasi belajar siswa lebih baik pada materi rantai makanan kelas V SDN Made I Surabaya, hal ini dibuktikan dari hasil uji t dimana nilai sig. (2 Tailed) menunjukkan sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang memiliki tingkat kesalahan 1% dan tingkat kebenaran 99% . UNSPECIFIED Wida Amalia Rosadi. 2018. Penggaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Materi Rantai Makanan Kelas V SDN Made I Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Ir. Sukian Wilujeng, M.M dan (II) Jarmani, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci : media audio visual, eksperimen, kelas eksperimen, kelas kontrol Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya pemanfaatan media audio visual dalam proses pembelajaran, dimana sekolah sudah memfasilitasi dengan baik untuk menunjang mutu pendidikan akan tetapi kurangnya kebijaksanaan guru dalam memanfaatkannya untuk memberikan memotivasi kepada siswa, dimana materi rantai makanan sangat mambutuhkan kejelasan objek sehingga tidak terjadi kesalahpahaman penerimaan materi yang diajarkan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Made I Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen dengan model true eksperimental desain, dalam penelitian ini terdapat 2 kelompok sampel yang dipilih secara random yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelompok sampel tersebut diambil dari kelas V A dan V B dengan jumlah siswa masing-masing 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Lingkert. Analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa penerapan media audio visual dapat memotivasi belajar siswa lebih baik pada materi rantai makanan kelas V SDN Made I Surabaya, hal ini dibuktikan dari hasil uji t dimana nilai sig. (2 Tailed) menunjukkan sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang memiliki tingkat kesalahan 1% dan tingkat kebenaran 99% .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, eksperimen, kelas eksperimen, kelas kontrol
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Wida Amalia Rosadi
Date Deposited: 03 Sep 2018 05:02
Last Modified: 03 Sep 2018 05:02
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item