PENERAPAN METODE FULL COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL (Studi Kasus UMKM Susu Sapi Abah Taslim Buduran)

Syahrial Kasyfi, Achmad Faza (2023) PENERAPAN METODE FULL COSTING DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL (Studi Kasus UMKM Susu Sapi Abah Taslim Buduran). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM Susu Sapi Abah Taslim adalah sebuah unit usaha mikro yang berfokus pada pembuatan produk minuman yaitu minuman susu sapi. Sayangnya saat ini dalam menentukan perhitungan harga pokok produksinya, UMKM Susu Sapi Abah Taslim masih belum menggunakan standar akuntansi yang berlaku dan belum mencatat dan memperhitungkan semua biaya yang masuk ataupun keluar dalam memproduksi barang. Pada penelitian ini berfokus dalam penerapan metode full costing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan antara perhitungan harga pokok produksi menurut UMKM Susu Sapi Abah Taslim dengan perhitungan metode full costing dan mengetahui perbedaan antara perhitungan harga jual menurut UMKM Susu Sapi Abah Taslim dengan perhitungan metode cost plus pricing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM masih menggunakan metode yang sederhana dalam perhitungan harga pokok produksinya yang mendapatkan hasil per botolnya senilai Rp 5.357. Dalam perhitungan menggunakan metode full costing mendapatkan hasil per botolnya senilai Rp 7.163. UMKM juga masih belum memperkirakan laba yang diinginkan dalam memperhitungkan harga jual produknya, dalam penentuan harga jual dengan menggunakan metode cost plus pricing mendapatkan hasil per botolnya senilai Rp 8.500. Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Full Costing, Harga Jual, UMKM

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Achmad Faza Syahrial kasyfi
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:12
Last Modified: 12 Feb 2024 03:12
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15587

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year