Resistensi Antibiotik Golongan Beta Laktam (Ampisilin dan Amoksisilin) Terhadap Cemaran Bakteri Escherichia coli Pada Daging Ayam dari Pasar Tradisional Kabupaten Gresik

Kendek, Irfan Alias (2023) Resistensi Antibiotik Golongan Beta Laktam (Ampisilin dan Amoksisilin) Terhadap Cemaran Bakteri Escherichia coli Pada Daging Ayam dari Pasar Tradisional Kabupaten Gresik. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
SKRIPSI Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cek Kendek.pdf

Download (447kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cemaran bakteri Escherichia coli dan resistensi antibiotik golongan beta laktam (ampisilin dan amoksisilin) pada daging ayam yang berasal dari Pasar Tradisional Kabupaten Gresik. Total sampel daging ayam yang digunakan sejumlah 71 sampel dari 10 pasar tradisional kabupaten Gresik. Metode pengujian dalam penelitian yang digunakan untuk mengetahui adannya cemaran bakteri Escherichia coli dan resistensi antibiotik, dalam penelitian dilakukan penanaman pada media selektif Mac Conkey Agar, uji pewarnaan Gram, uji biokimia. Metode uji sensitifitas untuk mengetahui resistensi antibiotik menggunakan media Mueller Hinton Agar. Analisis data yang digunakan dalam bentuk analisis kualitatif untuk menghasilkan hasil positif dan negatif adanya cemaran bakteri Escherichia coli dan resistensi antibiotik. Hasil dalam penelitian ini ditemukannya bakteri Escherichia coli sebanyak 61 dari 71 sampel dan menunjukkan hasil positif sebesar 86% adanya cemaran bakteri Escherichia coli. Hasil resistensi antibiotik ampisilin sebanyak 48 dari 71 sampel menunjukkan persentase 67% dan amoksisilin sebanyak 47 dari 71 sampel menunjukkan persentase 66% terhadap cemaran bakteri Escherichia coli. Kata Kunci: Escherichia coli, Antibiotik, Daging Ayam, Pasar Tradisional, Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Escherichia coli, Antibiotik, Daging Ayam, Pasar Tradisional, Kabupaten Gresik.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: Irfan Alias Kendek
Date Deposited: 26 Sep 2023 11:36
Last Modified: 26 Sep 2023 11:36
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year