SETIYAWAN, HERY (2022) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Sekolah Dasar. Univ. Pahlawan Tuanku Tambusai. (Unpublished)
Text
13. COVER DAN NASKAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki materi yang saling berkesinambungan, hal ini menyebabkan munculnya kesulitan siswa di tingkat yang lebih lanjut dikarenakan belum menguasai materi prasyaratnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah ingin mengetahui adanya pengaruh yang ditimbulkan setelah di terapkan model pembelajaran Make a Match. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar tes, dan dokumentasi. Eksperimen termasuk dalam jenis penelitian ini dipakai. Siswa yang terdaftar di kelas dua SD Al Ikhlash Surabaya yang memiliki total tiga ruang kelas, merupakan populasi untuk penelitian ini. Untuk pemilihan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan teknik non-probability sampling dan teknik sampling jenuh. Kelas II-C dipilih sebagai kelas kontrol, dan Kelas II-B dipilih sebagai kelas eksperimen. Analisis hasil Independent Samples T-test dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,002 <0,05. Akibatnya, Ha disetujui sedangkan H0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa paradigma pembelajaran Make a Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Al Ikhlash Surabaya untuk materi penjumlahan dan pengurangan. Kata Kunci: Make a Match, Penjumlahan dan Pengurangan, Hasil Belajar.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:22 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:22 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15499 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year