Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Probing prompting untuk Materi Aritmatika Sosial Sekolah Dasar

SETIYAWAN, HERY (2022) Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Probing prompting untuk Materi Aritmatika Sosial Sekolah Dasar. Univ. Pahlawan Tuanku Tambusai. (Unpublished)

[img] Text
11. Cek Plagiasi Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Probing prompting untuk Materi Aritmatika Sosial Sekolah Dasar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi dari minat belajar siswa yang kurang terutama dalam pelajaran matematika. Dan selama ini penilaian belajar hanya selalu berakhir pada hasil belajar tanpa memperhatikan keefektivan dari pembelajaran yang berlangsung. Dari latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan model probing prompting pada materi aritmatika sosial kelas V SD Al Ikhlash Surabaya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah: lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa. Berdasarkan focus penelitian, pada efektivitas pembelajaran matematika dengan model probing prompting dijelaskan melalui tabel dan persentase dari keempat aspek yaitu kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa. Hasil penelitian secara analisis deskriptif kuantitatif menyatakan bahwa pembelajaran matematika dengan model probing prompting pada materi aritmatika sosial kelas V SD Al Ikhlash Surabaya dinyatakan efektif. Hal ini bisa dilihat dari empat aspek yaitu kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,22, aktivitas siswa dikategorikan cukup aktif karena mencapai rata-rata ≥ 2,0, hasil belajar yang mencapai 80,95 % secara klasikal, dan respon siswa rata-rata mencapai ≥ 83,33 menyatakan suka, ya dan setuju. Kata Kunci: probing prompting, Pembelajaran Matematika, Aritmatika Sosial

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:23
Last Modified: 19 Sep 2023 02:23
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15496

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year