SETIYAWAN, HERY (2019) Course Review Horay (CRH) Learning Model to Improve Mathematical Learning Outcomes of Integers Materials. Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon. (Unpublished)
Text
3. COVER DAN NASKAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Salah satu masalah pada proses pembelajaran kelas V SD Al-Manar Surabaya tahun ajaran 2019-2020 materi bilangan bulat adalah guru menggunakan metode ceramah yang membuat siswa cepat bosan dan pasif. Dampaknya adalah siswa sulit menerima pelajaran dengan baik dan hasil belajar kurang dari KKM. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran course review horay (CRH). CRH dapat membuat siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan. Disamping itu, penerapan model pembelajaran course review horay ini dapat memfokuskan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa akan lebih mudah menerima materi dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran course review horay (CRH) mata pelajaran matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas V SD Al-Manar Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas V-B SD AlManar Surabaya yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan siklus I 64,28% dan siklus II 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran course review horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas V SD Al-Manar Surabaya. Kata kunci: CRH, hasil belajar, dan bilangan bulat
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 05:17 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 05:17 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15461 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year