SETIYAWAN, HERY (2019) Interaction of Learning Mathematics and Constructive Attitudes of Students on Triangle Materials Through STAD Cooperative Learning Model. Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon. (Unpublished)
Text
2. COVER DAN Interaction of Learning Mathematics and Constructive Attitudes of Students on Triangle Materials Through STAD Cooperative Learning Model .pdf Download (836kB) |
Abstract
Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A SMPN 2 Balongbendo semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 33 orang. Data interaksi belajar siswa dalam kelompok diperoleh dengan lembar observasi, sikap konstruktif siswa diperoleh dari angket. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif yang terjadi dalam menyampaikan ide atau pendapat yaitu sebesar 53,8% untuk kelompok 1 dan 46,7% untuk kelompok 2, memberi bantuan yang disertai dengan penjelasan sebesar 15,4% untuk kelompok 1 dan 20,0% untuk kelompok 2, memberi bantuan tanpa disertai pejelasan sebesar 15,4% untuk kelompok 1 dan 13,3% untuk kelompok 2, dan interaksi belajar matematika siswa dalam meminta bantuan sebesar 15,4% untuk kelompok 1 dan 20,0% untuk kelompok 2. Sikap konstriktis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan mayoritas siswa mempunyai sikap konstruktif terhadap matematika yang cukup bagus yaitu sebanyak 24 siswa dari 33 siswa. Kata kunci: interaksi belajar, sikap, kooperatif tipe STAD, segitiga.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Sulimin BP3 |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 05:16 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 05:16 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15459 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year