Hubungan Higiene Sanitasi Pemerah Susu Terhadap Keberadaan Bakteri Escherichia coli Di Kota Surabaya

Putri, Anggun Dhica Pratama (2023) Hubungan Higiene Sanitasi Pemerah Susu Terhadap Keberadaan Bakteri Escherichia coli Di Kota Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
9. Laporan Hasil Plagiasi.pdf

Download (13kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan higiene dan sanitasi pemerahan dengan keberadaan bakteri Escherichia coli di kota Surabaya. Higiene dan sanitasi penting untuk menentukan kualitas susu, dimana bakteri Escherichia coli merupakan indikator pencemaran susu yang dapat menyebabkan penyakit food borne disease. Penelitian ini mengggunakan observasional rancangan Chi-Square. Hasil observasional dan kuisioner mengenai higiene hewan, higiene pemerah, sanitasi peralatan dan sanitasi kandang pemerah di kota Surabaya terhadap keberadaan bakteri Escherichia coli dari 54 sampel susu terdapat 36 sampel susu pada pengujian pada media Mac conkey agar, pewarnaan gram dan uji biokimia didapatkan hasil positif bakteri Escherichia coli. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil observasi lapangan dan kuisioner terhadap higiene hewan, higiene pemerah, sanitasi peralatan dan kandang di kota Surabaya terdapat hubungan terhadap keberadaan bakteri Escherichia coli. Penulis menyarankan agar menjaga higiene sanitasi pemerahan susu untuk meminimalisir kontaminasi cemaran bakteri Escherichia coli. Key word: Higiene hewan, Higiene pemerah, Sanitasi peralatan, Sanitasi kandang, Susu, bakteri Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Higiene hewan, Higiene pemerah, Sanitasi peralatan, Sanitasi kandang, Susu, bakteri Escherichia coli.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: 82 anggun dhica pratama putri
Date Deposited: 12 Sep 2023 09:08
Last Modified: 12 Sep 2023 09:08
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15452

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year