Deskripsi Program Inklusi Sosial dalam Upaya Menumbuhkan Kreatifitas Pustakawan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto)

Raja, Helmide Yanti (2023) Deskripsi Program Inklusi Sosial dalam Upaya Menumbuhkan Kreatifitas Pustakawan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (274kB)
[img] Text
cek turnitin presentase .pdf

Download (106kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Helmide Yanti Raja, 2023. Deskripsi Program Inklusi Sosial Dalam Upaya Menumbuhkan Kreatifitas Pustakawan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat: Studi Kasus pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dosen Pembimbing: (I) Drs. Bakhtiyar, S.Sos., M.IP, Dosen Pembimbing (II) Bambang Prakoso, S.Sos.,M.IP. Kehadiran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan program inklusi sosial sesuai amanat Peraturan Pemerintah Undang-undang nomor 43 tahun 2017 mengenai Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang bagaimana Program Inklusi Sosial dijalankan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto, dengan fokus pada cara program tersebut merangsang kreatifutas pustakawan dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus utama penelitian adalah untuk mendeskripsikan Program Inklusi Sosial secara rinci dalam usaha mendorong kreatifitas pustakawan dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Studi ini menggunakan studi kasus di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak enam orang, dan mereka dipilih menggunakan metode purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto memiliki peran penting dalam mendukung program inklusi sosial. Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia secara khusus di Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan pengetahuan, keteramplan, dan ekonomi keluarga. Tujuan dari program inklusi sosial adalah memberdayakan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto turut serta dalam upaya ini. Salah sat inisiatif kreatif dari pustakawan adalah program ecoprint. Program ini bertujuan untuk menciptakan peluang kerja bagi ibu rumah tangga, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga. Selain itu, terdapat juga program melukis dengan teknik suminagashi yang menggunakan air sebagai media untuk menciptakan pola pada kain. Ini menghasilkan lukisan yang menarik, unik dan memiliki nilai jual. Dengan demikian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto berperan sebagai pendukung utama dalam program inklusi sosial ini, membantu masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dan ekonomi melalui inisiatif kreatif seperti program ecoprint dan melukis dengan teknik suminagashi. Kata kunci: Program Inklusi Sosial, Kreativitas, Pustakawan, Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Program Inklusi Sosial, Kreativitas, Pustakawan, Pemberdayaan Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Library and Information Science Study Program
Depositing User: Helmide Yanti Raja
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:16
Last Modified: 13 Sep 2023 02:16
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15446

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year