Analisis Hubungan Infestasi Ascaris sp. Terhadap Body Condition Score Sapi Perah Friesian Holstein Di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

Barda, Luqyana (2023) Analisis Hubungan Infestasi Ascaris sp. Terhadap Body Condition Score Sapi Perah Friesian Holstein Di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (699kB)
[img] Text
PLAGIASI PERSENTASE.pdf

Download (168kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hubungan antara infestasi Ascaris sp.dan Body Condition Score pada sapi perah Friesian Holstein di Kecamatan Wonocolo. Metode pengambilan sampel dengan random sampling dari dua peternakan di Kecamatan Wonocolo. Sampel yang digunakan sebanyak 30 ekor sapi perah Friesian Holstein untuk pengamatan BCS dan 30 sampel feses sapi segar untuk mengamati infestasi Ascaris yang berada di dua peternakan di Kecamatan Wonocolo. Pemeriksaan sampel feses dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu uji natif dan uji sedimentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan SPSS 26 dengan tabulasi silang (crosstabs) uji chi square. Hasil penelitian didapatkan 28 ekor 8 ekor dengan prevalensi (28,86%) dan 2 ekor kategori BCS buruk dengan positif nematoda 1 ekor dengan prevalensi (50%). Hasil analisis ditemukan nilai p-value sebesar 0,408 (P>0,05) yang menunjukkan tidak adanya hubungan antara Ascaris sp. terhadap Body Condition Score sehingga dalam hal ini H0 diterima dan H1 ditolak dapat diartikan tidak terdapat hubungan antara Ascaris sp. terhadap Body Condition Score . Kata kunci : Ascaris sp.. Body Condition Score, Friesian Holstein.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Ascaris sp.. Body Condition Score, Friesian Holstein.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: mrs luqyana barda
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:30
Last Modified: 11 Sep 2023 03:30
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year