Pengaruh minat belajar dengan menggunakan media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV DI SDI AN-NUR SURABAYA

Purnamasari, Widia (2018) Pengaruh minat belajar dengan menggunakan media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV DI SDI AN-NUR SURABAYA. Other thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu faktor pendukung untuk terealisasikannya hasil belajar yang memuaskan bagi siswa atau peserta didik. Tidak menutup kemungkinan para guru berlomba-lomba menciptakan media pembelajaran yang menarik untuk disajikan kepada para siswa agar tidak mengalami kejenuhan dan hilangnya ketertarikan untuk belajar khususnya pada mata pelajaran matematika yang materi didalamnya hanyalah rumus dan angka, maka dengan ini peneliti ingin mengukur seberapa pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa yang didukung oleh media interaktif animasi. Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh minat belajar dengan menggunakan media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan kelas IV di SDI An-Nur Surabaya dengan variabel bebas yaitu minat belajar dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa, memiliki populasi berjumlah 51 siswa dan dengan sampel 25 siswa yang diambil secara Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan design One Shot Case Design. Dari pengujian hasil belajar yang di adaptasi sendiri dan sudah divalidasi oleh tim ahli selain itu untuk angket minat belajar di adaptasi sendiri dengan mempergunakan skala likert yang sudah di validasi oleh tim ahli berikut dengan reabilitas yang bernilai 0,978 untuk 24 butir soal dan untuk regresi diperoleh nilai koefisien determinasi 91,7 %, maka dapat ditarik simpulan bahwa ada pengaruh minat belajar dengan menggunakan media interaktif animasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan kelas IV di SDI AN￾NUR Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Media Interaktif Animasi, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Widia Purnamasari
Date Deposited: 31 Aug 2018 09:43
Last Modified: 31 Aug 2018 09:43
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item