Dilema Petani, Diantara Keanggotaan Asosiasi dan Pemenuhan Kebutuhan Hidup (Studi Kasus Petani Kopi Kecamatan Dampit Kabupaten Malang)

Kristiyanto, Sony (2022) Dilema Petani, Diantara Keanggotaan Asosiasi dan Pemenuhan Kebutuhan Hidup (Studi Kasus Petani Kopi Kecamatan Dampit Kabupaten Malang). Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
2520-8042-1-SM.pdf

Download (517kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dan salah satu produk pertanian yang menjadi andalan Indonesia adalah produk kopi. Secara umum, produksi kopi Indonesia adalah terbesar keempat di dunia. Hingga saat ini, masih banyak dijumpai perkebunan kopi dengan sistem pengelolaan yang masih tradisional yang mengakibatkan produksi dan kualitas biji kopi yang dihasilkan tidak optimal. Petani kopi sendiri cukup menyadari akan hal ini, dan beberapa dari mereka berusaha dengan membentuk asosiasi petani dan dengan perkumpulan tersebut, mereka bisa berbagi ilmu mengenai budidaya tanaman kopi yang baik. Masalah yang muncul adalah adanya kesenjangan antara petani yang tergabung dalam asosiasi tersebut dengan petani yang tidak tergabung dalam asosiasi. Penelitian ini ingin menjawab mengenai mengapa petani masih enggan untuk mengikuti asosiasi yang sudah jelas memberikan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang karena di daerah ini masih terdapat perbedaan yang cukup jelas tentang petani yang tergabung dalam asosiasi dan petani yang tidak tergabung dalam asosiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologi. Kesimpulan akhir penelitian ini adalah kekurangtahuan dari petani dan persyaratan asosiasi adalah dua hal utama yang menjadi penyebab mengapa masih ada petani yang enggan untuk tergabung dalam asosiasi tersebut Kata Kunci: Petani, Kopi, Asosiasi, Kelembagaan

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic and Business > Development Economics Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 28 Aug 2023 05:33
Last Modified: 28 Aug 2023 05:33
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15184

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year