Hubungan Faktor – Faktor Sistem Manajemen Terhadap Kelayakan Usaha Peternakan Kucing Ras (Cattery) Di Wilayah Surabaya, Sidoarjo Dan Gresik Menggunakan Multidimensional Scaling (MDS)

Widyawati, Ratna (2020) Hubungan Faktor – Faktor Sistem Manajemen Terhadap Kelayakan Usaha Peternakan Kucing Ras (Cattery) Di Wilayah Surabaya, Sidoarjo Dan Gresik Menggunakan Multidimensional Scaling (MDS). Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia. (Unpublished)

[img] Text
Hubungan Faktor – Faktor Sistem Manajemen Terhadap Kelayakan Usaha Peternakan Kucing Ras (Cattery) Di Wilayah Surabaya, Sidoarjo Dan Gresik Menggunakan Multidimensional Scaling (MDS).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kelayakan usaha cattery di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik dengan melihat faktor – faktor dari sistem manajemen yang mempengaruhi kelayakan suatu usaha cattery. Sistem manajemen meliputi perencanaan, sumber daya manusia (SDM), sistem perkandangan dan sistem pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Prosedur pengambilan data dilakukan melalui pengamatan langsung dan wawancara. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner, teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Masing-masing indikator dari sistem manajemen berupa kuisioner diukur dengan skor antara 1-5 berdasarkan kriteria. Nilai skor dari masing-masing indikator selanjutnya dianalisis untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang menyebabkan kelayakan dari usaha peternakan kucing (cattery) tersebut dengan MDS berdasarkan hasil layak atau tidaknya usaha cattery yang dihitung menggunakan rumus. Hasil penelitian ini menunnjukkan bahwa ada dua cattery yang dinyatakan layak usahanya yaitu di wilayah Surabaya dan ada dua cattery yang dinyatakan belum layak usahanya yaitu di wilayah Sidoarjo dan Gresik. Kata kunci : peternakan kucing ras, kelayakan usaha, multidimensional scaling (MDS)

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:13
Last Modified: 09 Aug 2023 02:13
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year