Pengaruh Ekstrak Ashitaba (Angelica keiskei) terhadap Kadar Kolesterol Tikus Wistar (Rattus novergiccus) yang Diberikan Diet Tinggi Lemak

Sugiharto, Natasya Nurulita (2023) Pengaruh Ekstrak Ashitaba (Angelica keiskei) terhadap Kadar Kolesterol Tikus Wistar (Rattus novergiccus) yang Diberikan Diet Tinggi Lemak. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (825kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PRESENTASE.pdf

Download (262kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan, yaitu aterosklerosis, stroke, penyakit jantung koroner, hingga hipertensi. Salah satu pilihan obat bagi seseorang dengan hiperkolesterolemia adalah simvastatin. Selain penggunaan obat simvastatin, dapat mengonsumsi tanaman obat. Tanaman obat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi adalah ekstrak daun Ashitaba (Angelica keiskei). Salah satu kandungan pada ekstrak ashitaba yaitu chalcones yang mengandung senyawa flavonoid yang dapat menurunkan sintesis kolesterol. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ekstrak ashitaba (Angelica keiskei) terhadap kadar kolesterol tikus wistar (Rattus novergiccus) yang diberikan diberikan diet tinggi lemak. Populasi dalam penelitian ini adalah tikus putih jantan strain wistar dengan sampel yang diambil sebanyak 30 ekor. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak ashitaba 150mg/kg BB, 300mg/kg BB, dan 600mg/kg BB tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol tikus wistar yang diberikan diet tinggi lemak. Hal ini terbukti dengan hasil uji Anova diperoleh nilai signifikansi 0,761 > 0,05. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan “dose effect relationship” pada ekstrak ashitaba dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memperjelas faktor apa saja yang berperan pada peningkatan dan penurunan kadar kolesterol.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Ashitaba, Diet Tinggi Lemak, Kolesterol
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Natasya Nurulita Sugiharto
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:26
Last Modified: 09 Aug 2023 02:26
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year