Uji in siliko ikatan β-endorfin pada reseptor insulin sebagai mekanisme dasar biomolekular dari pengaruh olah raga terhadap proses persalinan

Muladi, Alwi (2023) Uji in siliko ikatan β-endorfin pada reseptor insulin sebagai mekanisme dasar biomolekular dari pengaruh olah raga terhadap proses persalinan. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI PERSEN.pdf

Download (151kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Persalinan adalah suatu proses berlangsungnya kelahiran janin, plasenta, dan membran amnion dalam jangka waktu tertentu. Hasil penelitian menyatakan bahwa olahraga pada saat kehamilan dapat bermanfaat mengurangi kelelahan dan nyeri pada saat kontraksi persalinan. Hal ini karena terjadi pelepasan molekul β-endorfin yang berperan sebagai inhibitor respon nyeri (analgesik).β-endorfin juga terbukti dapat mengurangi kelelahan pada otot dan meningkatkan uptake glucose. Sementara itu, insulin telah diketahui juga berperan dalam uptake glucose ke dalam sel. Penelitian experimental menggunakan uji insiliko ini bertujuan untuk mengetahui apakah molekul β-endorfin dapat berikatan pada reseptor insulin sebagai mekanisme kerjanya untuk meningkatkan uptake glucose, selain untuk mengetahui nilai kekuatan dari ikatan β-endorfin pada reseptor insulin dibandingkan dengan ikatan insulin pada reseptor insulin, sehingga dapat mengetahui efek sinergitas ikatan β-endorfin pada reseptor insulin, dan perannya dalam meningkatkan uptake glucose. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua model ikatan β-endorfin pada reseptor insulin dengan asam amino yang sama terlibat dalam ikatan, dibandingkan dengan ikatan antara insulin dengan reseptornya, dengan kekuatan ikatan antara β-endorfin dengan reseptor insulin yang lebih kuat dibandingkan ikatan antara insulin dengan reseptornya.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: β-endorfin, Insulin, uptake glucose
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QP Physiology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Alwi Alwi Muladi
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:20
Last Modified: 14 Aug 2023 03:20
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/15008

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year