Studi Literatur Hubungan antara status gizi dengan terjadinya dismenore dan cara penanganannya pada remaja putri (Melalui review jurnal periode : 2014-2021)

Matos, Jesuina Istinah and Budianto, Nugroho Eko Irawan and Linggawan, Stephani and Wulandari, Atik Sri (2023) Studi Literatur Hubungan antara status gizi dengan terjadinya dismenore dan cara penanganannya pada remaja putri (Melalui review jurnal periode : 2014-2021). Bachelor (S1) thesis, Universitas wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Status Gizi dengan terjadinya Dismenore dan Cara Penanganannya pada Remaja Putri Remaja yaitu pada saat seseorang tersebut mulai menunjukkan adanya indikasi kematangan pada organ seksualnya sehingga pada remaja putri akan mengalami menstruasi. Status gizi remaja perempuan sangat mempengaruhi pada terjadinya menstruasi, sehingga adanya keluhan-keluhan yang akan dirasakan semasa fase tersebut, keluhan-keluhan tersebut dinamakan dismenore. Dismenore dipengaruhi oleh status gizi seseorang. Tujuan Penelitian: mengetahui hubungan antara status gizi dengan terjadinya dismenore dan penanganannya pada remaja putri (melalui review jurnal periode 2014-2021). Penyajian data bersifat deskriptif dengan mengumpulkan data pada jurnal, textbook atau sumber lain yang sudah diterbitkan dengan melakukan pendekatan secara meta-analisis. Data diperoleh dari 25 sumber referensi dengan hasil yang didapatkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan terjadinya dismenore dengan cara penanganannya pada remaja putri. Didapatkan presentase 84% untuk literatur yang mendukung adanya hubungan antara status gizi dengan terjadinya dismenore. Sedangkan 16% untuk literatur yang tidak menyetuji bahwa adanya hubungan antara status gizi dengan terjadinya dismenore. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan antara status gizi (overweight dan underweight) terhadap terjadinya dismenore, 2) dapat disimpulkan bahwa banyak remaja yang melakukan penanganan pada dismenore dengan meminum obat-obatan Pereda nyeri (NSAID). Kata Kunci: Status Gizi, Dismenore, Cara Penanganan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Jesuina Istinah Matos
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:58
Last Modified: 04 Jan 2024 01:58
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14975

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year