Pratiwi, Desi Eka (2022) Pembelajaran Tematik di SD/MI Teori dan Praktik. Cetakan ke-1, 1 (1). UWKS PRESS, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. ISBN 978-623-7354-44-4
Text (Buku Ajar Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar)
Pembelajaran Tematik di SD-MI.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Dunia pendidikan telah mengalami banyak perubahan, pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain secara konstektual. Buku ini terdiri dari beberapa bab antara lain Bab (I) “Konsep Dasar Pembelajaran Tematik” yang membahas tentang pengertian, karakteristik, prinsip, manfaat serta kelebihan dan kekurangan pembelajaran teamtik. Bab (2) “Strategi dan Metode Pembelajaran Tematik” yang membahas tentang makna strategi, metode dan teknik pembelajaran, jenis-jenis strategi, metode dan teknik pembelajaran, perbedaan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, faktor penentu pemilihan metode mengajar. Bab (3) “Penilaian dalam Pembelajaran Tematik” yang membahas tentang prosedur pengembangan dan format penilaian, rubrik dan tugas-tugas kinerja, jenis-jenis asesmen otentik, teknik dan instrument penilaian, pengelolaan hasil penilaian, interprestasi hasil penilaian dalam menetapkan ketuntasan belajar, pemanfaatan hasil penilaian. Bab (4) “Prosedur Umum Pembelajaran Tematik” yang membahas tentang kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan akhir dan tindaak lanjut, Bab (5) “Keterampilan Dasar Dalam Pembelajaran Tematik” yang membahas tentang keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan dan bertanya, keterampilan memberi penguatan dan variasi, Bab (6) Praktik pembelajaran tematik yang berisi tentag rubrik serta format penilaian dalam simulasi megajar. Secara teknis buku pembelajaran tematik ini dilengkapi dengan contoh RPP yang dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa untuk mengembangkan perangkat pembelajaran serta dilengkapi dengan instrumen penilaian mengajar yang dapat digunakan dosen untuk menilai simulasi mahasiswa pada saat penilaian praktik/microteaching.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar, Teori dan Praktik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | 65 Desi Eka Pratiwi, S.Pd., M.Pd UWKS |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 05:06 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 05:06 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14971 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year