Perapan Pasal 90 Undang-Undang Pasar Modal Terhadap Agen Dalam Menawarkan Produk Investasi Lembaga Selain Bank Yang Gagal Bayar (Studi Kasus Putusan Nomor.243/Pid.B/2022/PN.Sby)

Andaline, Dave Hezekia (2023) Perapan Pasal 90 Undang-Undang Pasar Modal Terhadap Agen Dalam Menawarkan Produk Investasi Lembaga Selain Bank Yang Gagal Bayar (Studi Kasus Putusan Nomor.243/Pid.B/2022/PN.Sby). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Univercity.

[img] Text
Abstrak Hezekia D A 19300062.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Turnitin.pdf

Download (9MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kehadiran sebuah perusahaan investasi merupakan perkembangan dari bentuk perdagangan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat, yang kemudian diberikan insentif atau keuntungan kepada para investornya. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti mengenai kasus posisi dan penerapan Pasal 90 Undang-Undang Pasar Modal terhadap putusan pidana No. 243/Pid.B/2022/PN.SBY. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kasus posisi dan memahami dan menganalisa penerapan Pasal 90 Undang-Undang Pasar Modal terhadap putusan pidana No. 243/Pid.B/2022/PN.SBY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif yang berarti meneliti tentang sisi dari perundang-undangan itu sendiri. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu dalam kasus putusan pidana nomor Nomor.243/ Pid.B/ 2022/ PN.Sby Majelis Hakim menerapkan pasal 378 KUHP secara umum sebagai pertimbangan hukum. Majelis Hakim memutuskan bahwa terdakwa yang adalah Agen harus dijatuhi hukuman pidana penjara dan harus mempertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 193 ayat (1) KUHP. Berdasarkan uraian di atas, putusan ini akan lebih tepat apabila mempertimbangkan undang-undang yang lebih khusus pada Pasal 90 Undang�Undang Pasar Modal. Apabila diulas kembali mengenai fakta hukum yang telah didapat, maka dapat dipahami, tindakan Agen hanya menjalankan tugasnya diperusahaan, yaitu menjual produk investasi. Sedangkan yang menikmati hasil investasi adalah perusahaan. Agen hanya menerima haknya ketika berhasil menjual produk investasi. Untuk itu, Hakim sebaiknya dalam memberikan putusan ini dapat melihat lebih cermat, serta dapat mempertimbangkan putusan tersebut yang sesuai dengan Pasal 90 Undang-Undang Pasar Modal dalam memberikan pertimbangan hukum ini. Kata Kunci: Investasi, Penipuan, Lembaga Selain Bank

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Investasi, Penipuan, Lembaga Selain Bank
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Faculty of Law > Law Sciences Study Program
Depositing User: 30 Hezekia Dave Andaline uwks
Date Deposited: 16 May 2023 06:32
Last Modified: 16 May 2023 06:32
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14714

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year