ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN PERHITUNGAN LAPIS TAMBAHAN (OVERLAY) (STUDI KASUS JALAN RAYA LINGKAR TIMUR SIDOARJO STA. 10 – STA. 15)

Wicaksana, Moch. D. (2023) ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DAN PERHITUNGAN LAPIS TAMBAHAN (OVERLAY) (STUDI KASUS JALAN RAYA LINGKAR TIMUR SIDOARJO STA. 10 – STA. 15). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Cek plagiasi.pdf

Download (49kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Sidoarjo merupakan salah satu kota dalam Provinsi Jawa Timur yang memiliki sektor industri yang cukup padat. Dengan pertumbuhan roda perekonomian di Kota dan Kabupaten Sidoarjo mengakibatkan bertambahnya kepadatan lalu lintas. Jl. Lingkar Timur sendiri merupakan jalan utaman untuk kendaraan dari pabrik/industry menuju ke tempat tujuan masing masing. Di Jalan Lingkar Timur, ada SiRIE (Sidoarjo Rangkah Industrial Estate) yang berarti di sana terdapat kawasan industri. Namun sangat disayangkan apabila kita melewati Jl. Lingkar Timur, Sidoarjo terdapat banyak kerusakan yang terjadi disana. Pada tugas akhir kali ini dilakukan analisa kerusakan jalan menggunakan metode Surface Distress Index (SDI). Metode SDI ini akan digunakan untuk menganalisis jeniskerusakan yang terjadi pada ruas Jl. Lingkar Timur, Sidoarjo. Selanjutnya akan dilakukan perhitungan overlay atau lapis tambahan pada ruas jalan tersebut. Setelah kedua Langkah tersebut dilakukan maka tahap selanjutnya adalah menghitung kuisioner menggunakan statistic deskriptif untuk mengguna jalan dan masyarakat. Dari hasil Analisa yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa nilai SDI pada ruas Jl. Lingkar Timur, Sidoarjo (Arah Candi – Gedangan) sebesar 45,08 dengan penilaian kondisi jalan Baik dan untuk kriteria penanganannya adalah Pemeliharaan Rutin. Untuk nilai SDI pada arah sebaliknya Gedangan – Candi = 43,2 dengan kondisi penilaian jalan Baik dan untuk kriteria penangannya adalah Pemeliharaan Rutin. Namun yang menjadi perhatian pada STA. 13+600 dari arah Candi – Gedangan dengan penilaian kondisi jalan Rusak Berat dan untuk kriteria penangannya adalah Rekonstruksi (overlay). Hasil perhitungan overlay sebesar 8,25 cm. Kuisioner yang telah dilakukan terhadap pengguna jalan dapat disimpulkan bahwa untuk Untuk aspek keamanan yang mempengaruhi adalah kestabilan kendaraan jadi tergangguakibat kondisi jalan, Untuk aspek kenyamanan yang mempengaruhi pengguna jalan adalah guncangan yang berlebihan terjadi pada pengguna jalan, Untuk aspek biaya yang mempengaruhi pengguna jalan adalah keterlambatan dalam mendistribusikan barang akibat kondisi jalan yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: Moch. Dian Wicaksana
Date Deposited: 02 May 2023 05:41
Last Modified: 02 May 2023 05:41
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year