Perbandingan penambahan fitase Lactobacillus plantarum A1-E dan Candida tropicalis TKd-3 terhadap tinggi zona proliferasi serta kandungan Fe dan Zn pada tibia ayam broiler

Wahyudi, Dija Nugraheni (2023) Perbandingan penambahan fitase Lactobacillus plantarum A1-E dan Candida tropicalis TKd-3 terhadap tinggi zona proliferasi serta kandungan Fe dan Zn pada tibia ayam broiler. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (602kB)
[img] Text
PLAGIASI.pdf

Download (345kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitase Lactobacillus plantarum A1-E dan Candida tropicalis TKd-3 terhadap tinggi zona proliferasi serta kandungan Fe dan Zn pada tibia ayam broiler dengan Scanning Electron Microscope (SEM) serta Energy Dispersive Spectroscopy (EDS). Menggunakan 20 ekor day old chicken ayam broiler strain Cobb dalam 4 kelompok perlakuan dan 5 ulangan. Setiap kelompok diberi perlakuan pakan basal tanpa fitase (FA/kontrol negatif), pakan basal dengan fitase asal Lactobacillus plantarum A1-E (FB), pakan basal dengan fitase asal Candida tropicalis TKd-3 (FC), dan pakan basal dengan fitase komersial microtech® (FD/ kontrol positif). Pemberian pakan fitase dalam pakan diberi mulai hari ke-7 hingga ke-28, kemudian dilakukan nekropsi untuk pengambilan sampel tulang tibia. Melalui proses preparasi spesimen padat Scanning Electron Microscope (SEM) dan Energy Dispersive Spectroscopy (EDS) untuk dilakukan pengamatan tinggi zona proliferasi serta Fe dan Zn tulang tibia ayam broiler. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA dilanjutkan dengan Uji Duncan (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil analisis statistik tinggi zona proliferasi menunjukan nilai signifikan tidak berbeda nyata (P>0,05). Hasil analisis statistik kandungan Fe menunjukkan signifikansi tidak berbeda nyata (P>0,05) dan Zn menunjukkan signifikan berbeda nyata (P<0,05). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian fitase asal L. plantarum A1-E dan C. tropicalis TKd-3 dapat menambah kandungan Zn namun tidak meningkatkan kandungan Fe dan tinggi zona proliferasi tulang tibia ayam broiler. Kata Kunci: Ayam broiler, L. plantarum, C. tropicalis, SEM, EDS.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Ayam broiler, L. plantarum, C. tropicalis, SEM, EDS.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: Dija Nugraheni Wahyudi
Date Deposited: 12 Apr 2023 08:00
Last Modified: 12 Apr 2023 08:00
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year