Pidana kerja sosial sebagai alternatif dalam menjalankan pidana jangka pendek pada perkara tindak pidana yang diancam dengan pidana ringan

Irawan, Andre aditya (2023) Pidana kerja sosial sebagai alternatif dalam menjalankan pidana jangka pendek pada perkara tindak pidana yang diancam dengan pidana ringan. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Univercity.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (770kB)
[img] Text
TURNITIN.pdf

Download (228kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Pidana Kerja Sosial menjadi alternatif pidana penjara dalam KUHPN terkait penyelesaian Tindak Pidana Ringan sebagai pidana ringan, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana macam-macam Tindak Pidana Ringan dan menganalisis bagaimana Pidana Kerja Sosial sebagai alternatif sanksi Tindak Pidana Ringan yang mampu lebih memperbaiki terpidana agar lebih berguna kedepannya dan masyarakat sendiri harus lebih memperhatikan Hak Asasi Manusia. Berdasarkan tujuan tersebut sehingga sangat dibutuhkan supremasi KUHP dan pentingnya KUHPN yang dibuat saat ini. ​Untuk mencari alternatif pidana penjara terkait penyelesaian tindak pidana ringan berdasarkan KUHPN maka penelitian ini menggunakan metode normatif, dimana penelitian normatif yaitu penelitian yang berfokus pada norma seperti perundang-undangan, teori hukum dan berupa pendapat sarjana. Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui Pidana Kerja Sosial menjadi alternatif pidana penjara dalam KUHPN terkait penyelesaian tindak pidana ringan sebagai pidana ringan. ​Tindak Pidana Ringan berdasarkan KUHPN merupakan Tindak pidana atau perbuatan kriminal yang tergolong bersifat ringan dan ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan dan sanksi pidana denda yang dijatuhkan paling banyak kategori II yaitu Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah). Pidana kerja sosial dapat dijatuhkan kepada terdakwa yang melakukan tindak pidana kurang dari 5 (lima) Tahun dan hakim menjatuhkan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II yaitu Rp. 10.000.000. (Sepuluh Juta Rupiah). Pidana kerja sendiri menjadi salah satu alternatif pidana penjara demi mewujudkan tujuan pemidanaan yang lebih manusiawi untuk pidana yang tergolong ringan. ​Berdasarkan penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pidana kerja sosial ini mampu menjadi pengganti pidana penjara karena pengembangan mengenai pidana kerja sosial sendiri dilakukan dengan cara mengkonstruksi realitas terhadap kejahatan yang dibuat. Pidana kerja sosial dapat digunakan sebagai respon sosial untuk melihat kejahatan yang bersifat ringan dengan melihat peristiwa kejahatan. Pidana kerja sosial merupakan salah satu hukuman yang ada didalam pidana pokok KUHPN dan menjadi alternatif pemidanaan karena pidana kerja sosial tergolong sebagai pidana jangka pendek. Kata Kunci: Tindak Pidana Ringan, KUHPN, Pidana Kerja Sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Ringan, KUHPN, Pidana Kerja Sosial.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law
Depositing User: 30 Andre Aditya Irawan UWKS
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:45
Last Modified: 10 Apr 2023 04:45
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14356

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year