Pengaruh pemberian ekstrak daun kersen (muntinga calabura l.) sebagai pengawet alami daging ikan nila (oreochomis niloticus)

laka, Quintilla Novisia Savira (2023) Pengaruh pemberian ekstrak daun kersen (muntinga calabura l.) sebagai pengawet alami daging ikan nila (oreochomis niloticus). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun kersen (Muntinga calabura L.), sebagai alternatif pengawet alami pada ikan nila,penelitian menggunakan 24 ekor sampel ikan Nila didapatkan dari kolam pembudidayaan di Sidoarjo. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 pengulangan yaitu P0 (tanpa perlakuan), P1 (ekstrak daun kersen 10%), P2 (ekstrak daun kersen 15%), P3 (ekstrak daun kersen 20%). Data yang diperoleh disajikan dan dianalisis menggunakan Analisis Of Varian (ANOVA).kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen berpengaruh dalam pengawetan daging ikan nila

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine
Depositing User: QUINTILIA NOVISIA SAVIRA LAKA
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:17
Last Modified: 30 Mar 2023 06:17
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year