Santoso, Ellyana (2023) Pengaruh pelayanan, sosialisasi, dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (WPOP) pada pengelola restoran di Surabaya. Masters (S2) thesis, Wijaya kusuma surabaya university.
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (258kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (465kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (66kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
|
Text
cek turnitin .pdf Download (132kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (356kB) |
Abstract
Masalah kepatuhan wajib pajak banyak dikaji dari berbagai disiplin keilmuan, salah satunya dari segi hukum dan akuntansi perilaku, yang sebagian peneliti terfokus pada faktor pengetahuan masyarakat tentang perpajakan, serta faktor pelayanan, dan sosialisasi perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh pelayanan, sosialisasi perpajakan dan pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan memilih populasi pengelola restauran di Surabaya Timur menggunakan teknik purposive sampling, dan besarnya sampel ditetapkan dengan rumus Slovin pada margin error 0,05. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner model skala likert yang didistribusikan pada 124 responden. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan pelayanan, sosialisasi, dan pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil analisis parsial membuktikan bahwa pelayanan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; sosialisasi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Nilai koefisien determinasi menjelaskan secara bersama-sama pelayanan perpajakan, sosialisasi, dan pengetahuan perpajakan secara simultan mampu memberikan sumbangan efektif sebesar 26,9% terhadap kepatuhan wajib pajak; pelayanan perpajakan mampu memberikan sumbangan efektif sebesar 6,2% terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak; sedangkan sosialisasi perpajakan mampu memberikan kontribusi sebesar 1,1% terhadap peningkatan kepatuhan para pengelola restoran sebagai wajib pajak. Faktor pengetahuan ini merupakan faktor dominan yang memberikan sumbangan efektif sebesar 19,6% terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci: pelayanan pajak, sosialisasi, pengetahuan perpajakan, kepatuhan wajib pajak
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelayanan pajak, sosialisasi, pengetahuan perpajakan, kepatuhan wajib pajak |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Master In Accounting Study Program |
Depositing User: | 44 ellyana uwks |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 07:18 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 07:18 |
URI: | http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13939 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year