Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pencatatan laporan keuangan pada UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

Marpaung, Desi Rahmadani (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pencatatan laporan keuangan pada UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (451kB)
[img] Text
plagiasi persen.pdf

Download (28kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Untuk mempengaruhi UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya tahun 2022 dalam kaitannya dengan pencatatan laporan keuangan, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atau menggali aspek-aspek yang relevan. Mengkaji bagaimana UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya menyikapi penerapan pencatatan laporan keuangan (Y) dihubungkan dengan tingkat pendidikan (X1), pengetahuan akuntansi (X2), ukuran usaha (X3), dan umur usaha menjadi tujuan penelitian ini. (X4). Penelitian ini menggunakan quota sampling, yaitu metode pengambilan sampel kuantitatif. 70 pelaku UMKM dipilih sebagai sampel untuk penelitian ini berdasarkan sampel yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini membantu menjelaskan mengapa pendokumentasian laporan keuangan UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya bermanfaat tetapi secara statistik tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendidikan pada badan usaha yang dimiliki. Pelaksanaan pencatatan laporan keuangan memberikan dampak yang cukup baik terhadap pemahaman akuntansi, menurut temuan sebuah penelitian pada UMKM di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan seseorang akan lebih berkualitas jika memiliki pemahaman akuntansi yang lebih kuat. Hasil penelitian memberikan penjelasan mengapa penerapan pencatatan laporan keuangan pada usaha atau organisasi yang dimiliki saat ini masih rendah di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya karena faktor skala perusahaan dan usia usaha. Kata Kunci : Pemahaman Akuntansi, Penerapan Pencatatan Laporan Keuangan, Skala Usaha, Tingkat Pendidikan, UMKM, Umur Usaha.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Akuntansi, Penerapan Pencatatan Laporan Keuangan, Skala Usaha, Tingkat Pendidikan, UMKM, Umur Usaha.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: Desi Rahmadani Marpaung
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:29
Last Modified: 16 Feb 2023 10:29
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13779

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year