Perbandingan Tingkat Penyembuhan Luka Insisi Dengan Pemberian Madu Hutan Dan Kopi Arabika (Coffea arabica) Pada Tikus Putih (Rattus novergicus) Dilihat Pada Epidermis Kulit

Pehan Aran, Bonafasius Tukan (2022) Perbandingan Tingkat Penyembuhan Luka Insisi Dengan Pemberian Madu Hutan Dan Kopi Arabika (Coffea arabica) Pada Tikus Putih (Rattus novergicus) Dilihat Pada Epidermis Kulit. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya Universty.

[img] Text
cover sd daftar isi.pdf

Download (520kB)
[img] Text
18820069 fiks skripsi par 9.pdf.pdf

Download (20MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peryembuhan luka insisi pada tikus putih dengan memakai madu hutan serta bubuk kopi arabika (Coffea arabica) di lihat pada epidermis kulit. Penelitian ini berjenis ekperimental dengan rancangan acak lngkap (RAL). Penelitian ini memakai tikus putih yang dibagi pada 3 kelompok perlakuan serta 9 ulangan dengan kandang individu. Analisisi data dalam penelitian ini memakai data deskriptif sertra analitik. pengelolaan datanya menggunakan uji Kruskall Wallis dan Mann Withney. Didasarkan pada hasil penelitian serta pembahasan mengenai perbandingan tingkat penyembukan luka insisi melalui pemberian terapi kopi arabika (coffea arabica) dan madu hutan pada tikus putih (Ratuus norvegicus) di lihat pada epidermis kulit. Bahwa pembrian madu hutan dan kopi arabika dapat di jadikan sebagai alternatif pengobatan untuk kesembuhan luka insisi. Dalam pemberian madu hutan lebih efektif dalam menyembuhkan luka insisi dari pada kopi arabika. Kata kunci: Luka insisi, Madu hutan, Kopi arabika (Coffea arabica), Tikus putih (Rattus norvegicus), Epidermis kulit.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Luka insisi, Madu hutan, Kopi arabika (Coffea arabica), Tikus putih (Rattus norvegicus), Epidermis kulit.
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Faculty of Vetenary Medicine > Animal Health and Veteriner Public Health Study Program
Depositing User: Bonefasius Tukan Pehan Aran
Date Deposited: 23 Feb 2023 05:38
Last Modified: 23 Feb 2023 05:38
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13770

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year