Pemberdayaan Ekonomi mantan Pekerja Migran melalui Paguyuban Keluarga Migran di Desa Garum Kecamantan Garum Kabupaten Blitar

Indrayanik, Cicilia Susi (2023) Pemberdayaan Ekonomi mantan Pekerja Migran melalui Paguyuban Keluarga Migran di Desa Garum Kecamantan Garum Kabupaten Blitar. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
SKRIPSI ABSTRAK cicilia.pdf

Download (676kB)
[img] Text
hasil turnitin.pdf

Download (436kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan proses dan hasil pemberdayaan ekonomi kepada mantan Pekerja migran melalui Paguyuban Keluarga Migran. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif Kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Teknik Triangulasi data. Peneliti menggunakan triangulasi sumber karena ingin fokus terhadap data yang diperoleh dengan cara meng-crosscheck kembali data yang ada dengan membandingkan data hasil observasi dan hasil wawancara dengan informan pokok. Pemberdayaan memiliki makna dorongan atau motivasi untuk meningkatkan kemampuan individu, kelompok atau masyarakat secara mandiri, dengan kata lain membuat yang tidak berdaya menjadi berdaya. Pemberdayaan ekonomi dalam program penguatan Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan fokus dari kegiatan di PKM, pelatihan untuk menunjang kewirausahaan merupakan salah satu sarana untuk mendukung kegiatan usaha semakin produktif. Mantan PMI Garum diberikan pelatihan agar mereka memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menumbuhkembangkan usaha-usaha produktif. Melalui beberapa program pemberdayaan yang dirancang, dapat dilihat peningkatan ekonomi terjadi pada mantan pekerja migran Garum. Hasil dari pemberdayaan ekonomi melalui PKM ini ialah adanya peningkatan pendapatan keluarga Mantan PMI di Desa Garum melalui pengembangan usaha bagi setiap anggota PKM dan kemampuan untuk menentukan prioritas kebutuhan keluarga yang paling penting. Kata Kunci : Pemberdayaan, Pekerja migran Indonesia, Paguyuban Keluarga Migran.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Pekerja migran Indonesia, Paguyuban Keluarga Migran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Depositing User: 53 Cicilia Susi Indrayanik UWKS
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:14
Last Modified: 14 Feb 2023 04:14
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year