Pengaruh paparan hiperglikemia terhadap ekspresi protein perlekan aorta pada model tikus osteoartritis (Rattus Norvegicus Strain Wistar)

kinasih, giwang (2022) Pengaruh paparan hiperglikemia terhadap ekspresi protein perlekan aorta pada model tikus osteoartritis (Rattus Norvegicus Strain Wistar). Bachelor (S1) thesis, wijaya kusuma surabaya university.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB)
[img] Text
LAPORAN PLAGIASI 1-1.pdf

Download (58kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kinasih, Giwang. 2022. Pengaruh Paparan Hiperglikemia Terhadap Ekspresi Protein Perlekan Aorta Pada Model Tikus Osteoartritis (Rattus Norvegicus Strain Wistar). Skripsi, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing : Dr. dr. Ibrahim Njoto. dan dr. Eka Nasrur, Sp.OG Osteoartritis (OA) adalah penyakit degeneratif kronik non inflamasi yang menyerang kartilago sendi, lapisan sendi,tulang,dan ligament yang menyebabkan kekakuan dan nyeri pada sendi. Beberapa faktor dapat menyebabkan meningkatnya morbilitas Osteoartritis salah satunya adalah adanya gangguan pada perlecan. Perlecan merupakan komponen yang sangat berpengaruh pada membrane endotel aorta.perlekan memiliki berbagai fungsi pada kondrosit salah satunya yaitu untuk menahan adanya integritas matrix tulang rawan dan menghasilkan matrix ekstra seluler (Njoto et al, 2019). Penelitian bersifat deskriptif dengan pengumpulan data/informasi, analisis dan pemecahan masalah melalui penelusuran literatur .dalam pendekatan masalah kasus tersebut mengikuti alur tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan umum untuk mengetahui pengaruh paparan hiperglikemia terhadap ekspresi protein perlekan aorta pada model tikus osteoarthritis(rattus norvegicus strain Wistar). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa paparan hiperglikemia meningkatkan keparahan kerusakan kartilago artikular dengan penekanan perlecan. Selain itu, ia juga mengurangi kondrosit untuk merespons sebagai sistem perbaikan lingkungan mikroseluler tulang rawan artikular dengan menurunkan tingkat mRNA perlecan dari waktu ke waktu. Penurunan ekspresi protein perlecan digambarkan jumlah kuantitas perlecan pada jaringan tulang rawan artikular. Penyakit osteoarthritis yang diikuti dengan penyakit diabetes mellitus akan menurunkan perlecan matriks artikular dari waktu ke waktu. Selain itu, akan diikuti dengan penurunan respon kondrosit untuk menghasilkan matriks artikular perlecan. Tampaknya hiperglikemia memiliki kemampuan untuk mengurangi fungsi molekuler dan respon seluler. Kata kunci : Hiperglikemia, perlekan, aorta, Ostheoartritis.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Hiperglikemia, perlekan, aorta, Ostheoartritis.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Giwang Kinasih
Date Deposited: 30 Jan 2023 05:19
Last Modified: 30 Jan 2023 05:19
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13714

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year