Pengaruh paparan hiperglikemia terhadap ekspresi protein perlekan renal pada model tikus osteoartritis (Rattus Norvegicus Strain Wistar)

Rosyida, Tarisyafiqah Melya (2023) Pengaruh paparan hiperglikemia terhadap ekspresi protein perlekan renal pada model tikus osteoartritis (Rattus Norvegicus Strain Wistar). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] Text
melya rosyi 130712 abdicek.pdf

Download (298kB)
Official URL: http://uwks.ac.id

Abstract

Hiperglikemia adalah peningkatan kadar gukosa di dalam darah yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal kronis dan keparahan penyakit osteoartitis. Keru-sakan ginjal dapat diketahui melalui kadar ekspresi protein perlekan ginjal di membran basal glomerulus. Tujuan penelitian studi literatur ini adalah untuk mengetahui pengaruh durasi hiperglikemia terhadap ekspresi protein perlekan renal model tikus osteoartritis (Rattus Norvegicus Strain Wistar). Pada penelitian ini menggunakan metode literature review yang bersifat deskrptif dengan mengum- pulkan data atau informasi dari berbagai literatur seperti jurnal nasion-al dan inter- nasional untuk pemecahan masalah yang didapatkan melalui Google Scholar, Science Direct dan Mendeley. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh paparan hiperglikemia ter-hadap perubahan fungsi renal tikus (Rattus Norvegicus Strain Wistar) yang ditandai dengan adanya peningkatan volume urin, BUN, proteinuria secara sig-nifikan dan gambaran histopatologi ginjal pada kelompok tikus diabetes. Pada hasil kajian literatur juga didapatkan adanya pengaruh paparan hiperglikemia terhadap jumlah protein perlekan renal tikus pada bagian tubulus proksimal dan medula renalis yang ditandai dengan adanya penurunan ekspresi protein perlekan secara signifikan pada minggu ke-6, pada jurnal penelitian hewan coba kucing didapatkan hasil adanya peningkatan prevalensi CKD pada kelompok kucing dengan penyakit degenerative sendi dibandingkan kelompok kontrol, hal ini dapat terkait akibat aktivasi jalur katabolisme protein seluler. Pada jurnal penelitian dengan manusia juga menunjukkan adanya hubungan gagal ginjal kro-nis (CRF) dengan perkembangan keparahan OA yang didapatkan adanya penipisan tulang rawan femoralis pada penderita CFR dibandingkan kelompok kontrol yang terlihat melalui pemeriksaan ultrasonografi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Paparan Hiperglikemia, Ekspresi Protein Perlekan Renal, Osteoartitis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Tarisyafiq Melya Rosyida
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:04
Last Modified: 15 Feb 2023 03:04
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year