Analisis mortalitas pasien Covid-19 dan hubungannya dengan penyakit komorbid, lama rawat inap, dan status sosial di Rumkital dr.Azhar Zahir Manokwari pada bulan Oktober-Desember 2020

Mandowen, Iraweri Yunita Mandowen (2023) Analisis mortalitas pasien Covid-19 dan hubungannya dengan penyakit komorbid, lama rawat inap, dan status sosial di Rumkital dr.Azhar Zahir Manokwari pada bulan Oktober-Desember 2020. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PLAGIASI 1.pdf

Download (211kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Pada awal tahun 2020 COVID-19 mulai menjadi pandemi global dan menjadi masalah kesehatan dunia. Pada awal tahun 2020 COVID-19 merupakan masalah kesehatan dunia atau sering dikenal dengan istilah pandemi. Pandemi ini terus berkembang hingga adanya laporan mortalitas dan kasus baru yang terus bermunculan di seluruh negara di dunia. Kasus COVID-19 berlangsung cukup cepat menyebabkan penularan penyebaran antar Negara (Dirjen P2P Kemenkes RI, 2020).Terdapat penjelasan terkait faktor risiko riwayat kontak dan komorbid. Riwayat kontak, yaitu orang dengan riwayat perjalanan dari Negara/ wilayah terjangkit COVID-19, dan orang dengan riwayat perjalanan dari Negara/ wilayah dengan transmisi lokal COVID-19, dan orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif COVID-19 (Morfi, 2020). Komorbid atau penyakit penyerta merupakan penyakit lain yang diderita oleh pasien sebelum terpapar coronavirus. Pasien covid-19 dengan komorbid hipertensi relatif memiliki jumlah resptor ACE-2 yang lebih tinggi, akibatnya virus corona lebih mudah untuk terdiseminasi dalam tubuh. Pasien Covid-19 dengan komorbid hipertensi meningkatkan resiko mortalitas pasien Covid-19 (Adisasmita,2020). Jenis penelitian yang digunakan yakni observasional analitik dengan pendekatan case control. Hasil analisis didapat bahwa tingkat p-value 0,008 yang mempunyai arti bahwa komorbid, lama rawat inap dan status sosial pasien mempnyai hubungan signifikan dengan mortalitas.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Iraweri Yunita Mandowen
Date Deposited: 10 Jan 2023 09:36
Last Modified: 10 Jan 2023 09:36
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year