Perbandingan antara nilai indeks prestasi studi pembelajaran daring dengan luring saat pandemi covid-19 pada mahasiswa Facultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Puspita, Galuh Eka (2022) Perbandingan antara nilai indeks prestasi studi pembelajaran daring dengan luring saat pandemi covid-19 pada mahasiswa Facultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BUKTI PLAGIASI.pdf

Download (164kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Pandemi Covid 19 menuntut perubahan di segala bidang termasuk dalam dunia pendidikan Pembelajaran daring muncul sebagai bentuk pola dalam pembelajaran di era pandemi ini. Melalui pembelajaran daring penyebaran Covid-19 diharapkan dapat diminimalkan Tujuan penelitian ini mengetahui perbandingan nilai indeks prestasi antara studi pembelajaran during dan luring di semester awal sebelum sampai pertengahan pandemi Covid-19 pada mahasiswa angkatan 2019. Penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan penelitian quasi experimental. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa angkatan 2019 Fakutas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dengan besar sampel 66 responden diambil secara simple random sampling. Variabel bebasnya yaitu studi pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya yaitu indeks prestasi. Analisis data menggunakan uji t independent dengan tingkat kemaknaan (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan indeks prestasi semester I dengan studi pembelajaran luring didapatkan rata-rata 3,2533 dengan standard deviasi 0,39003. Indeks prestasi semester IV dengan studi pembelajaran daring didapatkan rata-rata 3,74188 dengan standard deviasi 0,24274. Hasil uji t independen menunjukkan ada perbandingan nilai indeks prestasi antara studi pembelajaran during dan luring di semester awal sebelum sampai pertengahan pandemi Covid 19 pada mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (sig = 0,000).. Dapat disimpulkan studi pembelajaran daring lebih efektif dalam meningkatkan indeks prestasi dibanding studi pembelajaran luring. Diharapkan institusi pendidikan tinggi dalam melaksanakan perkuliahan yang efektif selama pandemi dapat melakukan pembelajaran daring dan luring secara bergantian namun memperhatikan prinsip protokol pencegahan COVID-19.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: studi pembelajaran daring, luring, indeks prestasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Galuh Eka Puspita
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:51
Last Modified: 03 Jan 2023 06:51
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year