Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Diabetes Melitus (DM) Tipe 2 Pada Pasien Lansia Di Puskesmas Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Tahun 2022

ro'i, fahma fiswatur (2022) Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Diabetes Melitus (DM) Tipe 2 Pada Pasien Lansia Di Puskesmas Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Tahun 2022. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrack.pdf

Download (413kB)
[img] Text
plagiasi presentase.pdf

Download (110kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Diabetes melitus (DM) pmerupakan suatu penyakit metabolik dimana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi, baik karena produksi insulin yang tidak adekuat atau karena sel yang dimiliki tubuh tidak merespon insulin dengan baik. Diabetes melitus pada lansia adalah penyakit yang sering terjadi pada lanjut usia yang disebabkan karena lansia tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin secara efektif. Pasien diabetes melitus tipe 2 kebanyakan merupakan pasien obesitas, dimana ini ada korelasinya dengan terjadinya insulin yang resisten. Sindroma metabolik ini dapat memicu terjadi terganggunyapmetabolisme lipid, yang penandanya adalah dislipidemia. Penelitian inipmerupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Pengumpulanpdata dilakukan dengan instrument kuesioner yang sudahpdisiapkan. Pengambilan sampel dilakukan secara consecutive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien lansia yang memeriksakan diripdi Puskesmas Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung pada tahun 2022. Waktu penelitian dilakukan pada bulan maret-april 2022. Terdapat hubungan antara obesitas dengan kejadian diabetes mellitus (DM) tipe 2 pada pasien lansia di Puskesmas Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Diabetes mellitus tipe 2, obesitas, lansia
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Fahma Fiswatur Ro'i
Date Deposited: 27 Mar 2023 05:47
Last Modified: 27 Mar 2023 05:47
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year