Perbandingan tingkat kecemasan ibu hamil berdasarkan tingkat gravida dan usia di Puskesmas Pembantu Sumberklampok selama masa pandemi COVID-19

Reswara, I Ketut Argya (2022) Perbandingan tingkat kecemasan ibu hamil berdasarkan tingkat gravida dan usia di Puskesmas Pembantu Sumberklampok selama masa pandemi COVID-19. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (270kB)
[img] Text
plagiasi full.pdf

Download (9MB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbandingan tingkat kecemasan ibu hamil menjelang persalinan berdasarkan jumlah kehamilan dan usia ibu khususnya di Puskesmas Pembantu Sumberklampok selama masa pandemi. Dimana penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan mengisi kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) untuk mengkategorikan derajat kecemasan ibu hamil. Sifat dari penelitian ini tergolong dalam penelitian cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh ibu hamil dengan perbedaan tingkat gravida, dan usia di Puskemas Pembantu Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, dengan besar sampel yang diambil sebanyak 41 responden. Variable dependen dalam riset ini ialah kategori tingkat kecemasan ringan, sedang, dan berat sedangkan variable independen adalah tingkat gravida, dan usia. Ibu. Data yang dihasilkan pada riset ialah data kategori dengan mempunyai skala ordinal. Kemudian, dilaksanakan analisis data menggunakan Chi Square dengan uji kontingensi. Dan dari hasil analisis yang telah dilakukan diketahui terdapat perbedaan kecemasan ibu hamil berdasarkan tingkat gravida dan usia ibu di Puskesmas Pembantu Sumberklampok selama masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Tingkat Gravida, Usia, Ibu Hamil
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: S.Ked Argya Reswara
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:38
Last Modified: 30 Dec 2022 02:38
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year