Hubungan stres dengan kejadian acne vulgaris pada mahasiswa fakultas kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya semester 5 (angkatan 2019)

dewi, komang ari sinta dewi (2022) Hubungan stres dengan kejadian acne vulgaris pada mahasiswa fakultas kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya semester 5 (angkatan 2019). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Halaman judul arisintadewi.pdf

Download (591kB)
[img] Text
PLAGIASI SKRIPSI ARISINTADEWI.pdf

Download (81kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang membatasi dari lingkungan manusia dan memiliki struktur sangat kompleks. Kulit juga memiliki kelenjar yang berfungsi menjaga keseimbangan dari kelembaban kulit, yang pada masa pubertas berfungsi secara aktif sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kulit salah satunya adalah acne vulgaris. Dalam kondisi stres peluang untuk mendapatkan acne vulgaris cenderung meningkat, terlebih pada remaja Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya sebagai mahasiswa menghadapi beban belajar dan tugas yang tinggi. Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Stres dengan Kejadian Acne Vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya semester 5 angkatan 2019. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan survey analitik yang menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel yang diambil adalah 88 orang, kemudian data diolah dengan SPSS menggunakan uji chi-square. Kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ditemukan yang mempunyai stres ringan sebanyak 56 (63,6%), mempunyai acne vulgaris yaitu sebanyak 56 mahasiswa (63,6%), ada hubungan tingkat stres dengan kejadian acne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dengan hasil nilai Sig. (P-Value) sebesar 0,007 < 0,05. Dalam analisis multivariat variabel stres memiliki Nilai Sig. (P-Value) sebesar 0,005 < 0,05, sehingga dapat dikatakan stres berpengaruh secara parsial terhadap acne vulgaris dengan Exp(B)-Odd Ratio sebesar 3,771. Kata kunci: Stres, Acne Vulgaris

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Stres, Acne Vulgaris
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: 70 Komang ari sinta dewi UWKS
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:50
Last Modified: 02 Jan 2023 03:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year