Pengembangan Buku Ajar IPA SD Melalui Pendekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Pratiwi, Desi Eka (2020) Pengembangan Buku Ajar IPA SD Melalui Pendekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang. (Unpublished)

[img] Text
5. Cek Plagiasi Pengembangan Buku Ajar IPA SD melalui Pendekatan Konsep Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagian besar siswa tidak mampu menjawab soal pada buku disebabkan minimnya penguasaan konsep pada materi yang sedang mereka pelajari. Konsep yang belum matang ditambah dengan soal-soal latihan yang banyak menyebabkan nilai yang diperoleh siswa belum sesuai dengan standar minimal ketuntasan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar IPA SD melalui uji kelayakan isi, bahasa, dan kegrafikan. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4D (Four D Model) yang terdiri dari tahap (1) Define (Pendefinisi), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) Disseminate (Penyebarluasan). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, angket. Jumlah skor yang diperoleh pada uji kelayakan isi sebasar 176 presentase ratarata sebesar 77,19 % dengan kategori baik, uji kelayakan bahasa sebasar 179 dengan presentase rata-rata sebesar 78,50 % dengan kategori baik, uji kelayakan kegrafikan sebasar 359 dengan presentase rata-rata sebesar 85,47 % dengan kategori baik, uji coba terbatas memeroleh presentase rata-rata sebesar 86,93 % dengan kategori buku ajar sudah menunjukkan indikasi baik. Sedangkan pada uji coba luas memeroleh presentase rata-rata sebesar 92,57 % dengan kategori buku ajar sudah menunjukkan indikasi sangat baik sehingga layak untuk digunakan. Kenaikan ratarata dari uji coba terbatas dengan presentase rata-rata sebesar 86,93 % dengan kategori baik, sedangkan pada uji coba luas dengan presentase rata-rata sebesar 92,57 % dengan kategori sangat baik terjadi kenaikan sebesar 5,64 %

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Language and Science > Elementary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:16
Last Modified: 23 Dec 2022 02:16
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13408

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year