Perbandingan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian CBT Berdasarkan Jenis Kelamin”. (Comparison of Student Anxiety Levels in Facing CBT Exams Based on Gender)

Parmasari, Wahyuni Dyah (2022) Perbandingan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian CBT Berdasarkan Jenis Kelamin”. (Comparison of Student Anxiety Levels in Facing CBT Exams Based on Gender). Universitas Jember. (Unpublished)

[img] Text
4. Cek Plagiasi Perbandingan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian CBT Berdasarkan Jenis Kelamin”.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Kecemasan diasumsikan sebagai perasaan yang tidak jelas yang menimbulkan kekhawatiran, rasa takut terhadap segala sesuatu yang belum tentu terjadi. Kecemasan ini berdampak secara psikologis bagi seseorang termasuk dapat memengaruhi prestasi belajar. Berbagai penelitian terkait teori kecemasan menyatakan bahwa jenis kelamin berpengaruh terhadap tingkat kecemasan. Perempuan dianggap lebih rentan terhadap kecemasan daripada laki-laki. Dalam studi ini, peneliti mengukur derajat kecemasan lakilaki dibandingkan dengan perempuan saat mengikuti tes berbasis komputer (CBT) selama pandemi. Ujian dengan metode ini diduga menjadi salah satu pemicu kecemasan pada mahasiswa kedokteran. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan tingkat kecemasan mahasiswa dan mahasiswi dalam menghadapi CBT di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan crosssectional dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Total responden berjumlah 60 orang, 16 laki-laki dan 44 perempuan. Derajat kecemasan responden diukur dengan skala pengukuran depresi, derajat kecemasan, dan stres atau yang dikenal sebagai Depression Anxiety and Stress Scale 21 (DASS-21). Hasil penelitian menunjukkan 12,5% laki-laki dan 31,8% perempuan berada pada kelompok berat dan sangat berat. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat derajat kecemasan perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Kata Kunci: tingkat kecemasan, mahasiswa kedokteran, jenis kelamin, CBT

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medicine Study Program
Depositing User: Sulimin BP3
Date Deposited: 05 Dec 2022 13:43
Last Modified: 05 Dec 2022 13:43
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13343

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year