Studi Peningkatan Pendapatan Petani Bawang Berbasis Pengolahan Limba Bawang Merah (Studi Kasus Di Desa Pondok Kelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo)

Wahyuni, Nina Ari (2022) Studi Peningkatan Pendapatan Petani Bawang Berbasis Pengolahan Limba Bawang Merah (Studi Kasus Di Desa Pondok Kelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo). Masters (S2) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
abstrak-signed.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Plagiasi Tesis Nina (1)_%.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB) | Request a copy
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi oleh petani bawang merah di Desa Pondok Kelor, Kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo Jawa Timur adalah kualitas bawang merah yang rendah kualitas sehingga petani mengalami kerugian. Bawang merah kualitas rendah dibuang sebagai limbah, tidak memiliki nilai ekonomis dan berpotensi mencemari lingkungan. Program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh CSR PT POMI kepada kelompok tani Sumberrejeki menerapkan konsep ekonomi sirkular dengan memanfaatkan limbah bawang kualitas rendah menjadi bumbu masak instan melalui pelatihan dan pendampingan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran penerapan sirkular ekonomi pada proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh CSR PT POMI di kelompok tani Sumber Rejeki dalam mengelola limbah bawang kualitas rendah sebagai bahan baku bumbu instant. Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Pondok Kelor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Hasil kegiatan pemberdayaan masyarakat telah menerapkan ekonomi sirkular, kelompok tani telah terampil memanfaatkan limbah bawang merah kualitas rendah menjadi bumbu masak siap saji dan menjadi produk olahan khas desa serta menghasilkan nilai ekonomi sebesar Rp. 8,488,000.00 per periode panen. Dengan demikian upaya menyelamatkan limbah bawang kualitas rendah memberikan manfaat dalam meningkatkan pendapatan kelompok petani bawang.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Uncontrolled Keywords: limbah bawang merah, Ekonomi sirkular, pemberdayaan masyarakat.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Master in Agribusiness Study Program
Depositing User: Nina Ari Wahyuni
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:07
Last Modified: 12 Oct 2022 02:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year