Pengaruh pemberian pupuk organik cair dari ampas kopi dan urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi (Brassica juncea L.)

Ardiansyah, Rizky Alvi Zona (2022) Pengaruh pemberian pupuk organik cair dari ampas kopi dan urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi (Brassica juncea L.). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Plagiasi Skripsi Zona_%.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan(a)untuk mengetahui adanya interaksi antara konsentrasi pupuk organik cair dari ampas kopi dengan dosis pupuk urea pada pertumbuhan dan hasil sawi. (b) untuk mengetahui adanya pengaruh dari konsentrasi pupuk organik cair dari ampas kopi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi(c) untuk mengetahui adanya pengaruh dari dosis pupuk urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi. Penelitian ini dilakukan di kebun percobaan dan menggunakan Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Penelitian memerlukan waktu 5 bulan dari bulan april-mei, dilaksanakan pada tahun 2022. Menggunakan RAK, terdiri dari 2 faktor yaitu konsentrasi POC ampas kopi (P) dan dosis pupuk urea (K) dengan 3 kali ulangan. Konsentrasi POC (P0) 0% POC, (P1) 1,5% POC, (P2) 3,0% POC, (P3) 4,5% POC, (P4) 6,0% POC. Dosis pupuk urea yang di gunakan (K0) media hanya tanah, (K1) dosis pupuk urea 0%, (K2) dosis urea 0,8%, (K3) dosis urea 1,6%. Dengan hasil belum telihat adanya interaksi pupuk organik cair ampas kopi dengan dosis pupuk urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi, belum terlihat adanya pengaruh pupuk organik ampas kopi dan dosis pupuk urea. Adanya kecenderungan berdasarkan nominal pada beberapa parameter dengan konsentrasi POC 4,5% (P3) lebik baik, meskipun secara statistik belum menunjukan perbedaan nyata.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: POC ampas kopi, pupuk urea, tanaman sawi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agrotechnology Study Program
Depositing User: Rizky Alvi Zona Ardiansyah
Date Deposited: 11 Oct 2022 00:50
Last Modified: 11 Oct 2022 00:50
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12922

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year