Efektivitas rendaman bawang merah (Allium ascalonicum) dan nutrisi terhadap pertumbuhan hasil hidroponik pakcoy (Brassica rapa)

Helmi, Raffiuddin (2022) Efektivitas rendaman bawang merah (Allium ascalonicum) dan nutrisi terhadap pertumbuhan hasil hidroponik pakcoy (Brassica rapa). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
a. abstrak.pdf

Download (933kB)
[img] Text
l. Plagiasi Skripsi Raffi (1)_%.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB) | Request a copy
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Sistem budidaya hidroponik semakin populer tertutama di kalangan masyarakat perkotaan dengan lahan yang tidak besar. Budidaya ini dapat memberikan keuntungan serta efektifitas bagi yang melaksanakannya. Sistem wick merupakan salah satu cara hidroponik sederhana yang mudah dilakukan, karena merupakan sistem hidroponik yang pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efek rendaman bawang merah terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy pada budidaya secara hidroponik sistem wick. Hidroponik sistem wick adalah metode hidroponik sistem sumbu, ternasuk yang paling sederhana karena menggunakan prinsip kapilaritas air. Distribusi larutan nutrisi menuju perakaran menggunakan perantara sumbu. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan unit percobaan berjumlah 12 unit dan uji beda nyata terkecil (BNT) dengan tingkat kesalahan 5%. Konsentrasi larutan bawang merah yang ditambahkan adalah P0 (0%), P1(20%), dan P2 (30%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendaman bawang merah memberikan berbeda nyata pada parameter produksi yaitu berat basah bagian atas. Perlakuan paling efektif pada parameter pertumbuhan (panjang tanaman, jumlah daun, panjang akar, luas daun) dan parameter produksi (berat basa total, berat basah bagian atas, berat basah bagian akar, berat kering) adalah perlakuan P0 (0%)

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: AB mix, Bawang merah, Hidroponik sistem wick, Pakcoy
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agrotechnology Study Program
Depositing User: Raffiuddin Helmi Helmi
Date Deposited: 10 Oct 2022 10:27
Last Modified: 10 Oct 2022 10:27
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year