Pengaruh biaya pemasaran terhadap keuntungan usaha bunga anggrek di pasar bunga kayoon Surabaya

Vinanditya, Marvell Sheva (2022) Pengaruh biaya pemasaran terhadap keuntungan usaha bunga anggrek di pasar bunga kayoon Surabaya. Bachelor (S1) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
abstrak marvell-signed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Plagiasi Skripsi Marvel (%).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Pandemi Covid 19 telah melanda Indonesia serta dunia selama 2 (dua) tahun belakangan ini, membuat banyak sektor tidak bertumbuh bahkan lumpuh. Praktis semua aktifitas dilakukan hanya melalui media virtual atau internet. Di kota besar seperti Surabaya pengolahan tanaman pada lahan sekitar tempat tinggal atau hortikultura merupakan salah satu bidang yang diminati oleh masyarakat dalam menghilangkan kebosanan selama masa pandemi Covid 19. Tumbuhnya minat dalam mengolah tanaman ini membuat pedagang tanaman, khususnya pada Pasar Bunga Kayoon Surabaya ikut terpengaruh. Dalam sebuah usaha penjualan tanaman hias, khususnya pada penjualan bunga anggrek vanda hybrid (vanda limbata) diketahui terdapat variabel-variabel yang berpengaruh, sehingga pada penelitian ini ingin diketahui pengaruh biaya terhadap keuntungan serta kelayakan dari sebuah usaha bunga anggrek di Pasar Bunga Kayoon Surabaya. Indikator pengaruh biaya serta kelayakan usaha diketahui dari besar nilai t dan f dari hasil uji regresi linier berganda pada besaran biaya yang ada serta pendapatan dan keuntungan yang didapat. Dari kuisioner terhadap data penjualan yang diisi oleh 33 pedagang sebagai sampel yang selanjutnya diregresi linier berganda diketahui bahwa nilai signifikansi biaya transport (X1) = 0,001 yang artinya X1 mempengaruhi keuntungan secara signifikan, selanjutnya diketahui nilai signifikansi biaya sewa stand (X2) = 0,189 yang artinya X2 tidak mempengaruhi keuntungan secara signifikan, selanjutnya diketahui nilai signifikansi biaya retribusi (X3) = 0,005 yang artinya X3 mempengaruhi keuntungan secara signifikan, selanjutnya diketahui nilai signifikansi biaya tenaga kerja (X4) = 0,046 artinya X4 mempengaruhi keuntungan secara signifikan dan diketahui nilai signifikansi biaya perawatan (X5) = 0,879 yang artinya X5 tidak mempengaruhi keuntungan secara signifikan. Kemudian dari hasil uji R/C Ratio didapat hasil 2,98 yang artinya bahwa usaha penjualan tanaman hias di Pasar Bunga Kayoon Surabaya adalah layak.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Biaya, Keuntungan, Usaha Florikultura
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program
Depositing User: Marvell Sheva Vinanditya
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:01
Last Modified: 10 Oct 2022 08:01
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12914

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year