asas praduga tak bersalah pada penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian berdasarkan peraturan kapolri nomor 1 tahun 2009

Firzatullah, Indrayodha (2022) asas praduga tak bersalah pada penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian berdasarkan peraturan kapolri nomor 1 tahun 2009. Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (828kB)
[img] Text
Laporan cek plagiasi 1.pdf

Download (24kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Asas Praduga Tak Bersalah Pada Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian Berdasarkan Peraturan Kepolri No. 1 Tahun 2009” bertujuan untuk menganalisis batasan kewenangan pengunaan kekuatan dalam tindakan aparat kepolisian serta untuk menganalisis tindakan aparat Kepolisian saat melakukan tembak di tempat terhadap pelaku tindak pidana ditinjau dari asas praduga tak bersalah. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah yuridis normatif melalui kajian terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan penelusuran terhadap data yang berhubungan melalui kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pertama : Batasan kewenangan pengunaan kekuatan dalam tindakan oleh aparat kepolisian berupa tembak ditempat terhadap pelaku keiminalitas adalah dengan memperhatikan situasi dan kondisi sebagaimana ditentukan dalam SOP. Selain itu harus sesuai dengan Pasal 47 Perkap No. 8 Tahun 2009 Serta dalam Pasal 8 ayat [1] Perkap No. 1 Tahun 2009. Kedua : Tindakan aparat kepolisian dalam melakukan tembak di tempat terhadap pelaku tindak pidana ditinjau dari asas praduga tak bersalah maka berdasarkan analisis pembelaan terpaksa yang dilakukan anggota Kepolisian yang dengan kewenangan diskresinya kemudian menembak Pelaku kriminal yang membahayakan nyawa anggota Polisi atau masyarakat, akan ada perbuatan yang melanggar kepentingan hukum orang lain (pelaku kriminal) yakni pelanggaran asas praduga tak bersalah. Namun perbuatan tersebut dibenarkan oleh hukum walupun dianggap melanggar asas praduga tak bersalah karena memenuhi syarat – syarat yang ditentukan Undang – Undang, yakni : perbuatan tersebut dilakukan karena ada serangan atau ancaman serangan yang bersifat seketika, serangan atau ancaman serangan tersebut bersifat melawan hukum serangan tersebut ditujukan terhadap diri sendiri atau orang lain, kehormatan kesusilaan, dan harta benda baik milik sendiri maupun orang lain, pembelaan tersebut harus dilakukan dengan memperhatikan asas subsidiaritas dan proporsionalitas harus dipenuhi. Pertimbangan karena melaksanakan ketentuan undang-undang, melaksanakan ketentuan yang dimaksud adalah undang- undang dalam arti materil, yaitu setiap peraturan yang dibentuk oleh pembentuk undang-undang yang berlaku dan mengikat umum. Orang yang melakukan perbuatan yang jika memang tindakan diskresi tersebut “dianggap” melanggar hukum dalam rangka melaksanakan undang-undang, maka tindakan tersebut dapat dibenarkan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Polisi, Tembak di Tempat, Praduga Tak Bersalah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Law Sciences Study Program
Depositing User: 30 Indrayodha Firzatullah UWKS
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:59
Last Modified: 06 Oct 2022 03:59
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12813

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year