Penyusunan laporan keuangan usaka mikro kecil dan menengah berbasis standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAKEMKM) pada UD Zimafars

UWKS, ANJARSARI ELIS (2022) Penyusunan laporan keuangan usaka mikro kecil dan menengah berbasis standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAKEMKM) pada UD Zimafars. Bachelor (S1) thesis, WIJAYA KUSUMA SURABAYA UNIVERSITY.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (860kB)
[img] Text
LAPORAN CEK PLAGIASI.pdf

Download (29kB)

Abstract

Pada usaha mikro kecil dan menengah terdapat standar akuntansi yang sederhana untuk digunakan daripada SAK ETAP yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Catatan atas laporan keuangan, laporan laba rugi, dan laporan posisi keuangan perusahaan merupakan laporan yang ada di SAK EMKM. Penelitian dilakukan di UD. Zimafars yang diduga bahwa perusahaan tersebut tidak menggunakan SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangannya. Sehingga penulis bertujuan ingin mengevaluasi, mengetahui, dan menganalisis laporan keuangan di perusahaan tersebut. Metode yang dilakukan penulis adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penulis menggunakan teknik wawancara yang dilakukan tanya jawab saat pengumpulan data dengan pemilik UD. Zimafars, pengamatan langsung dengan cara pengumpulan data pencatatan laporan keuangan, dan dokumentasi. Hasil daripada penelitian ini merupakan (1) Rendahnya pengetahuan pencatatan laporan keuangan oleh pemilik. (2) Pencatatan dan penyusunan laporan keuangannya tidak sesuai dengan SAK EMKM (3) Kurangnya pemahaman pemilik mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan dan pencatatan laporan keuangan dicatat dengan sederhana. Kata kunci: SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah), UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Penyusunan Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah), UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Penyusunan Laporan Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Depositing User: 43 ELIS ANJARSARI UWKS
Date Deposited: 05 Oct 2022 12:07
Last Modified: 05 Oct 2022 12:07
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12783

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year