Perencanaa Gedung Rusunawa 10 Lantai Di Kota Yogyakarta Dengan Struktur Beton Bertulang Menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK)

Brawijaya, Ganteng (2022) Perencanaa Gedung Rusunawa 10 Lantai Di Kota Yogyakarta Dengan Struktur Beton Bertulang Menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Bachelor (S1) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (939kB)
[img] Text
PLAGIASI CEK.pdf

Download (33kB)

Abstract

Struktur Gedung Rusunawa AGA direncanakan menggunakan struktur beton bertulang.. Material yang digunakan dalam merencanakan gedung Rusunawa ini menggunakan beton normal dengan kuat tekan 30 MPa dan berat jenis 2400 kg/m3. Perencanaan Gedung Rusunawa AGA ini terdapat di kota Yogyakarta yang berada di wilayah gempa tinggi, sehingga gedung harus mempunyai sistem penahan gempa yang mampu menahan beban lateral seperti gempa yang terjadi pada gedung saat gempa terjadi. Sistem struktur yang digunakan pada perencanaan gedung rusunawa ini adalah sistem rangka pemikul momen khusus (SRPMK). Sistem ini merupakan sistem struktur yang dapat memikul gaya oleh beban lateral atau gempa dan direncanakan untuk memikul gaya oleh beban lateral atau gempa dan lentur. Sedangkan sistem rangka pemikul momen khusus sendiri direncakan direncakan untuk struktur yang memerlukan daktilitas yang tinggi sesuai dengan peraturan. Peraturan yang digunakan dalam merencanakan gedung rusunawa ini yaitu SNI 2847 – 2019, SNI 1726 -2019 dan SNI 1727-2020. Hasil analisa diperoleh bahwa gedung rusunawa ini mampu bertahan dari keruntuhan saat terjadi gempa. Struktur gedung Rusunawa ini dapat memperkecil terjadinya keruntuhan, yang diperoleh dari simpangan horizontal sebesar 22,88 mm tidak melebihi simpangan izin 76,92 mm. Struktur rusunawa ini telah memenuhi persyaratan kolom kuat balok lemah dengan syarat ∑Mnc ≥ 6/5 ∑Mnb = 4923,07 kNm ≥ 1022,34 kNm. .

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: Struktur Beton Bertulang, Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK), Gedung Rusunawa, Yogayakarta.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: Ganteng Brawijaya
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:22
Last Modified: 07 Oct 2022 01:22
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12782

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year