Peranan komisi perlindungan anak Indonesia (KPAI) dalam upaya penyelesaian melalui jalur non penal pada tindak pidana kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh anak

NUKE TRESSY, NUKE (2022) Peranan komisi perlindungan anak Indonesia (KPAI) dalam upaya penyelesaian melalui jalur non penal pada tindak pidana kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh anak. Masters (S2) thesis, Wijaya Kusuma Surabaya University.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Plagiasi Nuke .pdf

Download (77kB)
Official URL: https://www.uwks.ac.id

Abstract

Abstraksi Kejahatan merupakan salah satu kenyataan dalam kehidupan bermasyarakat yang patut mendapatkan perhatian khusus. Hal tersebut disebabkan bukan saja karena jenis kejahatan yang terus berkembang dari waktu ke waktu, namun kejahatan juga telah menimbulkan keresahan yang mendalam serta mengganggu keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu bentuk kejahatan yang berkembang di tengah masyarakat dan merupakan sebuah tindak pidana adalah kekerasan. Kekerasan merupakan suatu tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh seseorang untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis. Tindak pidana kekerasan ini biasanya ditujukan kepada orang yang lemah seperti perempuan dan anak. Namun seiring berkembangnya waktu, faktanya, anak bukan saja menjadi korban, namun anak juga telah menjadi pelaku dalam tindak pidana. Terbentuknya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak pengganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak. Penggantian Undang-Undang ini dianggap perlu, karena Undang-Undang yang lama sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan hukum dalam masyarakat dan belum secara komperehensif memberikan perlindungan hukum kepada anak yang berhadapan dengan hukum. Metode penelitian ini adalah yuridis normatif, yaitu penelitian yang mendeskripsikan secara terperinci fenomena sosial yang menjadi pokok permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan peraturan hukum pidana positif yang berlaku. Suatu penelitian hukum normatif dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin tentang tindak pidana yang dilakukan oleh anak. Kata kunci : peranan KPAI, penyelesaian Non – Penal dan tindak pidana, anak sebagai korban / pelaku.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Uncontrolled Keywords: peranan KPAI, penyelesaian Non – Penal dan tindak pidana, anak sebagai korban / pelaku.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Law Sciences Study Program
Depositing User: SE., SH NUKE TRESSY
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:48
Last Modified: 06 Oct 2022 01:48
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year