Perlindungan terhadap konsumen terkait iklan forex trading menggunakan robot trading yang mengakibatkan kerugian masyarakat

Hendrobroto, Agung (2022) Perlindungan terhadap konsumen terkait iklan forex trading menggunakan robot trading yang mengakibatkan kerugian masyarakat. Bachelor (S1) thesis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Persentase Turnitin Skripsi.pdf

Download (335kB)
Official URL: https://uwks.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Terkait Iklan Forex Trading Menggunakan Robot Trading Yang Mengakibatkan Kerugian Masyarakat bertujuan pertama untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen atas iklan forex trading menggunakan robot trading yang mengakibatkan kerugian. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen sehubungan dengan iklan forex trading menggunakan robot trading yang merugikan konsumen. Metode Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian Yuridis Normatif yang merupakan penelitian kepustakaan, yaitu penelitian terhadap peraturan perundang-undangan dan literatur yang berkaitan dengan materi yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pertama: bahwa Perlindungan hukum bagi konsumen atas iklan yang menyesatkan telah diatur secara baik dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun, Pemerintah seperti Satgas Waspada Investasi yang mana tergabung beberapa instansi, seperti, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Bursa berjangka, BAPPEBTI dan Kliring Berjangka, masih kurang dalam melakukan pengawasan terkait dengan iklan forex trading yang menyesatkan. Hal ini masih dapat kita lihat bahwa masih banyak iklan yang tidak sesuai dengan aturan yang masih beredar, seperti iklan pada forex trading menggunakan robot trading, yang mana, produk dan jasanya yang diiklankan masih membuat janji-janji serta materi iklan yang memuat pernyataan tidak benar, tidak sesuai dengan Pasal 10 UUPK. Kedua: terdapat 2 (dua) aspek pertanggungjawaban dalam sengketa konsumen, yaitu pertanggungjawaban pidana dan perdata. Iklan yang mengandung kebohongan dapat diklasifikasikan sebagai penipuan, yang mengakibatkan pertanggungjawaban pidana. Sementara tanggung jawab perdata muncul dikarenakan pelaku usaha bertanggungjawab atas kerugian konsumen yang diakibatkannya. Pembuktian penting dalam penyelesaian sengketa (berlaku untuk semua sengketa konsumen) termasuk iklan yang menyesatkan tercantum dalam Pasal 45 ayat (2) UUPK”. Gugatan yang dapat dilakukan oleh konsumen berkaitan dengan iklan yang menyesatkan baik melalui pengadilan maupun diluar pengadilan merupakan perwujudan pelindungan melalui regulasi berkaitan dengan hak konsumen atasi nformasi yang benar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum, forex trading, robot trading
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Law Sciences Study Program
Depositing User: 30 Agung Hendrobroto UWKS
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:58
Last Modified: 19 Oct 2022 01:58
URI: http://erepository.uwks.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year